oleh

Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Kesehatan Kulit dan Kuku

Kabar6-Meskipun saat ini kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan dapat membuat seseorang tampak lebih cantik, mengonsumsi makanan yang bergizi tetap tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Beberapa penelitian telah menunjukkan pentingnya pengaruh nutrisi pada kulit Anda dan bagaimana kekurangan berbagai nutrisi penting dapat membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan tertentu. Melansir ehow, berikut beberapa jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku:

1. Alpukat dan minyak zaitun
Alpukat sangat baik bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku karena mengandung banyak vitamin E, lemak baik, serat, dan vitamin C. Vitamin E telah terbukti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar UV dan mencegah terjadinya berbagai proses peradangan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit.

Sementara untuk minyak zaitun, selain mengandung banyak vitamin E, minyak zaitun juga mengandung banyak polifenol, suatu antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini.

2. Sayuran berdaun hijau
Berbagai jenis sayuran berdaun hijau, terutama bayam dan kale mengandung banyak sekali fitonutrien. Bayam sendiri mengandung 2 nutrien penting yaitu lutein dan beta karoten, yang telah terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin C, suatu antioksidan kuat yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV dan berbagai jenis racun yang ada pada lingkungan. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, membantu mengencangkan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

3. Makanan fermentasi
Banyak gangguan kulit, termasuk jerawat, disebabkan oleh saluran pencernaan yang tidak sehat, yang membuat seseorang tidak dapat mencerna makanan yang dikonsumsinya dengan baik dan mengganggu proses penyerapan berbagai nutrisi penting dari makanan.

Berbagai jenis makanan fermentasi dapat membawa masuk bakteri baik ke dalam saluran pencernaan Anda, yang akan membuat usus Anda bekerja dengan lebih baik dan meningkatkan keadaan kesehatan Anda secara keseluruhan. Selain itu, makanan fermentasi juga mengandung probiotik, vitamin, dan enzim.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa rosacea dan beberapa gangguan kulit lainnya dipicu oleh proses peradangan di dalam saluran pencernaan yang tidak sehat. Glutation (GSH) merupakan produk sampingan dari fermentasi dan merupakan suatu antioksidan kuat.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak asam lemak sehat, berbagai jenis vitamin, antioksidan, dan mineral. Salah satunya adalah kacang Brasil yang mengandung selenium, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala, terutama bila Anda memiliki kulit kepala yang kering atau mudah berketombe.

Selain itu, seperti halnya alpukat dan minyak zaitun, kacang-kacangan juga mengandung banyak vitamin E. Biji labu kuning juga mengandung banyak seng, yang telah terbukti sangat bermanfaat bagi Anda yang berjerawat.

5. Telur
Kuning telur mengandung nutrisi penting, biotin, yang sebenarnya merupakan salah satu jenis vitamin B (vitamin B7). Kekurangan biotin dapat membuat kuku menjadi rapuh dan rambut rontok.

Jadi memenuhi kebutuhan biotin Anda dapat membantu mengatasi kedua hal tersebut. ** Baca juga: Pria Mata Keranjang Karena Mudah Jatuh Cinta dalam Hitungan Milidetik?

Konsumsi makanan yang tepat menjadikan kulit, rambut, dan kuku menjadi sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru