oleh

Jenis Makanan & Minuman Berikut Tidak Disarankan untuk Penderita Asma

Kabar6-Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Nah, penyakit asma juga dapat dipicu oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah empat makanan atau minuman yang tidak disrankan untuk penderita asma:

1. Kentang goreng
Para penderita asma dilarang memakan kentang yang diolah dengan cara digoreng, sebab kandungan Sulfit pada kentang dapat memicu asma kembali kambuh. Selain itu, lemak dari hasil penggorengan tersebut berisiko menimbulkan lendir di pernapasan semakin banyak dan tentunya ini berbahaya.

2. Daging merah
Produk hewani seperti daging merah memiliki kandungan protein tinggi yang dapat memicu terjadinya gagal pernapasan. Jika masih ingin memakannya, mintalah referensi dari pihak medis seperti berkonsultasi ke ahli gizi agar risiko kambuhnya asma semakin berkurang.

3. Makanan ber-MSG & garam tinggi
Hindari makanan ber-MSG dan garam tinggi, kandungan natrium dari dua sumber makanan ini bisa memicu kambuhnya penyakit asma yang diderita.

4. Minuman bersoda
Dalam studi yang dilakukan oleh unversitas di Australia, ditemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi soda lebih dari dua gelas per hari dapat menyebabkan seseorang menderita atau kambuhnya penyakit asma. ** Baca juga: Beberapa Makanan yang Ampuh Cegah Glaukoma

Hindari pemicu asma agar aktivitas Anda tidak terganggu sepanjang hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru