oleh

Jenis Makanan Kaleng Ini Bisa Penuhi Nutrisi Harian Anda

Kabar6-Banyak orang menyimpan persediaan makanan kaleng di rumah karena mudah diolah, terutama bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan sarapan sebelum beraktivitas.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam makanan kaleng, khususnya ikan dan daging, setara dengan produk makanan segar. Kelebihannya, makanan kaleng punya masa simpan yang lebih lama, praktis, dan cenderung lebih terjangkau.

Seorang ahli nutrisi bernama Maggie Michalczyk, MS, RD, menyarankan untuk selalu memilih makanan kaleng yang rendah sodium dan tak diberi tambahan garam. Anda juga bisa mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk mengurangi kadar garamnya.

Apa saja makanan kaleng bernutrisi dan baik bagi kesehatan? Melansir MSN, berikut lima jenis makanan kaleng yang bisa dikonsumsinya sebagai menu harian:

1. Kacang polong hitam
Kacang polong hitam merupakan sumber protein nabati dan serat terbaik. Bukan itu saja, makanan ini juga bisa diolah jadi beragam hidangan, mulai dari topping salad, sampai campuran sup.

Kacang polong hitam juga bisa memperkuat tulang dan jantung. Bila tak terbiasa mengonsumsi jenis kacang polong ini, kita juga bisa memilih kacang polong putih, yang kandungan nutrisinya hampir setara.

2. Tomat
Tomat kalengan ternyata sama sehatnya dengan tomat segar. Selain mengandung likopen, yaitu mikronutrisi yang bisa mencegah kanker, tomat juga mengandung vitamin K, C, dan E. Sederet vitamin tersebut diketahui bisa mencegah penyakit jantung bila dikombinasikan dengan likopen.

Cita rasa yang dimiliki oleh tomat kalengan pun masih akan tetap segar dan nikmat. Dengan begitu, kita bisa mengolahnya ke dalam berbagai jenis masakan dengan mudah.

3. Kacang lentil
Kacang lentil tinggi akan kandungan protein dan serat, sehingga bisa jadi pilihan, kalau mencari makanan sehat yang tahan lama. Jenis kacang-kacangan ini bisa melancarkan pencernaan, dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, kacang lentil bisa membantu menurunkan berat badan karena kadar kalorinya yang rendah, yakni 230 kalori.

4. Tuna kaleng
Tuna kaya akan omega-3 EPA dan DHA, serta protein berkualitas tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan menu makanan sehari-hari. Saat ini sudah banyak ikan yang dijual dalam bentuk kalengan, salah satunya tuna. Pilihlah tuna yang berjenis chunk light, karena kandungan merkurinya lebih rendah, dan lebih aman dikonsumsi secara rutin.

5. Sarden
Selain ikan tuna, sarden bisa jadi pilihan alternatif yang harganya lebih terjangkau. Ikan salmon, makarel, dan sarden kalengan punya kualitas yang sama baiknya seperti ikan segar. Mengandung protein dan omega-3 yang baik bagi jantung. ** Baca juga: Apa Kriteria Hand Sanitizer yang Efektif Cegah Penularan COVID-19?

Bahkan, menurut laporan dari The Daily Meal, sarden adalah salah satu dari sekian bahan pangan non daging yang mengandung B-12, yaitu nutrisi penting bagi kesehatan otak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru