oleh

Jembatan Overtoun di Skotlandia Jadi Lokasi Favorit Anjing untuk Bunuh Diri

Kabar6-Sebuah jembatan bernama Overtoun di Dumbarton, Skotlandia, disebut sebagai salah satu tempat paling menyeramkan. Bukan karena berhantu atau memiliki pengaruh sihir, Overtoun dikenal sebagai jembatan bunuh diri para anjing.

Sejak 1950-an, melansir Newspaperph, di jembatan ini sering terjadi tragedi di mana anjing tiba-tiba melompat. Disebutkan, ratusan anjing telah terjun bebas dari struktur bangunan setinggi 15 meter ini ke jurang di bawahnya. Bahkan menurut laporan media lokal, setidaknya ada 600 anjing telah jatuh dari jembatan ini, dan sebagian besar berhasil diselamatkan.

Tak ayal, beragam rumor dan mitos hingga pendapat ilmiah mulai bermunculan untuk memecahkan misteri tersebut. Salah satunya dari seorang pendeta asal Texas, AS, bernama Bob Hill yang tinggal di sekitar jembatan ini.

“Anjing-anjing ini menangkap aroma kuat dari bulu pinus, atau mamalia lain di bawah jembatan, karena itulah mereka melompat dari jembatan,” jelas Hill. Ditambahkan, “Karena pohon di bawah begitu runcing, mereka bisa saja mati.”

Hill sendiri sudah tinggal selama 20 tahun di lokasi tersebut bersama istrinya. Selama itu pula setidaknya dia telah melihat sejumlah anjing jatuh ke bawah.

Sementara itu seorang guru agama dan filsafat bernama Paul Owens, juga mendatangi jembatan ini 40 tahun lalu untuk memecahkan misteri. Selama lebih dari satu dekade, dia mencari tahu rahasia di balik misteri tersebut.

Dalam bukunya yang berjudul ‘The Baron of Rainbow Bridge’, Owens menunjukkan sisi lain dari jembatan itu, dan konon jembatan ini angker telah menyebabkan anjing-anjing bunuh diri.

Secara khusus, The White Ladi of Overtoun, adalah hantu yang sering muncul di sana, dan dia adalah seorang wanita yang meninggal pada 1908.

Peneliti lain datang dari David Sands, seorang ahli perilaku binatang, yang mengatakan bahwa mungkin anjing sengaja melakukan bunuh diri. Atau sebaliknya, mereka mengetahui ada aroma lain yang menarik penciuman anjing hingga membuatnya melompat.

Menurut teori Sands, perspektif anjing yang terbatas, ketidaktahuan mereka bahwa jalan berubah dari permukaan tanah menjadi jembatan yang membentang ke jurang. Dalam hal ini, anjing mencium bau yang kuat di udara dan kemungkinan mendorong anjing untuk melompat ke bawah jembatan. ** Baca juga: Sejumlah Mutasi Gen Langka yang Pernah Terjadi di Dunia

Entah, teori mana yang tepat untuk menjabarkan alasan anjing-anjing tersebut terjun dari jembatan Overtoun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru