oleh

Jelaskan Utang Negara Rp. 7000 Triliun, Luhut: Pemerintah Gak Bodo-bodo Amat

Kabar6- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan mengenai utang negara yang mencapai Rp 7000 triliun. Luhur menegaskan, utang yang dilakukan pemerintah digunakan hal yang produktif.

Hal itu disampaikan Luhut saat melakukan peletakan batu pertama atau Groundbreaking pembangunan tol Serang- Panimbang seksi 3 (Cileles- Panimbang), tepatnya di Kampung Solodengeun, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Senin (8/8/2022).

“Kalau orang bilang kita ada utang betul, 7000 triliun, tapi semua utang itu digunakan yang produktif. Artinya seperti jalan tol ini, dia akan mengembalikan sendiri dengan orang yang lewat kesitu,” kata Luhut.

Untuk itu Luhut menegaskan, informasi terkait utang negara dapat disampaikan dengan benar kepada masyarakat. Sehingga masyarakat paham betul apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam memanfaatkan uang tersebut.

“Jadi rakyat kita jangan ditipu dengan informasi yang salah. Pemerintah itu tidak bodo-bodo amat ko. Kita tahu apa yang kita lakukan,” terangnya.

**Baca juga: Tak Kunjung Bayar Sewa, Tiga Kios di Pasar Badak Pandeglang Disegel

Selian itu, Menurutnya, utang yang dilakukan oleh pemerintah masih terbilang aman, lantaran hanya 40 sekian persen dari PDB. Bahkan Luhut mengklaim Indonesia termasuk negara yang memiliki utang terkecil di dunia dibandingkan dengan negara maju lainnya.

“Kita salah satu negara yang utangnya paling kecil di dunia, 40 persen dari PDB. Tapi banyak negara maju itu sudah lebih atau mencapai 100 persen dari PDB. Oleh sebab itu bapak-bapak di daerah di Pemda jangan bicara aneh-aneh dan jangan dengerin informasi yang gak jelas. Pemerintah tahu apa yang kami lakukan,”tandasnya.(aep)