oleh

Jelang Usia 40 Tahun, Konsumsi 4 Makanan Ini Agar Tetap Fit

Kabar6-Seiring usia, kebutuhan makan serta masalah kesehatan pun akan berubah. Demikian pula saat Anda memasuki usia 40 tahun. Sejumlah hal yang harus diperhatikan antara lain, kesehatan tulang, pencegahan penyakit jantung, antisipasi jelang menopause, perubahan mood, atau sekadar menjaga kesehatan kulit agar tetap terlihat sehat dan bersinar.

Sama halnya, menjaga berat badan juga menjadi perhatian khusus. Seorang ahli nutrisi bernama Heather Lounsbury, melansir Womantalk, mengatakan bahwa ada beberapa asupan makanan yang bisa membantu Anda begitu menginjak usia 40 tahun agar tetap fit. Apa saja makanan yang dimaksud?

1. Wakame (rumput laut)
Selain susu, asupan kalsium juga bisa didapat melalui tumbuhan yaitu wakame (rumput laut). Sepertiga cangkir rumput laut mengandung 1.200mg kalsium. Wakame mengandung iodin yang mendukung tiroid untuk menambah tingkat energi dan metabolisme.

Mengonsumsi dua sendok makan wakame setiap hari dianggap sudah cukup. Terlalu banyak juga tidak baik karena justru akan membawa stres pada tiroid. Wakame juga sumber omega 3 (lemak baik) kualitas tertinggi dari sumber tumbuh-tumbuhan.

Wakame dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, stres, kecemasan dan kemungkinan menurunkan risiko kanker.

2. Bit
Sayuran berwarna merah ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, peradangan, menambah energi dan menambah kekuatan otot. Bit juga tinggi vitamin C, kaya serat, mendetoks hati, memperbaiki kualitas darah, memimalisasi hot flashes, berkeringat di malam hari, dan kecemasan.

Bit yang difermentasi membantu menambah imunitas, membersihkan darah, mengobati batu ginjal, mengurangi sensitivitas kimia, kelelahan, dan alergi. Heather menyarankan untuk mengonsumsi bit dalam bentuk jus, salad, sup, dan keripik.

3. Biji chia
Biji chia termasuk dalam kategori lemak sehat yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mendukung otak. Setakar biji chia memiliki lima kali kandungan omega 3 dari ikan salmon.

Selain itu, biji chia menambah ketahanan tubuh, mengurangi trigliserida, peradangan, dan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, serta lindungi arteri dari penumpukan plak.

Makanan ini mengandung serat dua kali lebih banyak dari brokoli, dan lima kali lebih banyak kalsium dari susu. Kandungan magnesium yang tinggi memudahkan kecemasan. Konsumsi biji chia dalam bubur, puding, atau smoothie.

4. Kacang chickpea
Kacang chickpea mengandung protein tinggi dan serat untuk menyeimbangkan kadar gula darah serta membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan usus, mengurangi peradangan serta rasa cemas atau terlalu banyak berpikir (overthinking).

Kacang chickpea mengandung nutrisi tulang dan nutrisi bagi kesehatan jantung mulai dari kalsium, zat besi, zinc, vitamin K, magnesium, vitamin C, kalium, vitamin B6. Kacang chickpea sering diolah sebagai humus. ** Baca juga: Hal Tak Terduga yang Bisa Sebabkan Anda Malas Olahraga

Jaga asupan makan agar tubuh senantiasa fit saat memasuki usia 40-an.(ilj/bbs)

Berita Terbaru