oleh

Jelang Puasa, Pembersih Makam di TPU Medang Kebanjiran Rezeki

Kabar6-Jelang puasa, ada tradisi rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat, yaitu tabur bunga atau ziarah makam. Seperti yang terlihat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Medang Pagedangan, Kabupaten Tangerang.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, TPU Medang pun sudah mulai dipadati oleh para peziarah. Tradisi ini di sisi lain menjadi semacam rezeki musiman bagi warga sekitar, dengan menjadi tukang bersih makam.

 

Pada hari biasa, umumnya warga sekitar berprofesi sebagai tukang ojek. Namun dengan adanya tradisi jelang puasa ini, mereka pun beralih profesi menjadi tukang bersih makam dengan tugas menyapu, menyiram, dan mencuci nisan.

 

Dalam sehari, mereka mampu meraup keuntungan hingga ratusan ribu. Menurut Acep, salah seorang pembersih makam, rezeki musiman yang datang setahun sekali itu dihasilkan dari belas kasihan sanak saudara pemilik makam yang mereka bersihkan. ** Baca juga: Transparansi Rekrutmen Calon Komisioner KTP Lebak Dipertanyakan

 

Bulan puasa yang sudah di depan mata, merupakan bulan penuh berkah untuk mengais rezeki. Terlebih semakin mendekati puasa, para peziarah akan bertambah banyak. (bad).

Berita Terbaru