oleh

Jelang Pilkada, Bupati Irna Ngadu Ke Gubernur Minta Bantuan

Kabar6-Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan permohonan tambahan bantuan keuangan tahun 2020 yang akan datang.

Hal itu menghadapi tahun 2020 nanti akan dilaksanakan Pilkada di Banten termasuk Pandeglang. Dikarenakan adanya permohonan anggaran dari KPU, Bawaslu dan tim Pengamanan untuk penyelenggaran Pilkada, maka hal tersebut khawatir akan mengganggu porsi anggaran dan program lainnya khususnya yang berkaitan pada sektor pelayanan dasar masyarakat.

“Sudah kami alokasikan tapi dibawah permintaan mereka, dan mereka keukeuh pada nominal yang diajukan, maka kami meminta bantuan dari Pak Gubernur agar berkenan menambah Bankeu untuk kami. Bankeu tahun ini sudah tereasliasi 20-25 persen karena lelang baru selesai awal Agustus. Mungkin ada program strategis Provinsi yang bisa diarahkan ke Pandeglang,” kata Irna, dalam siaran pers yang dirilis oleh Dinas Komunikasi, Informatika, statistik dan persandian Provinsi Banten, Selasa (20/8/2019).

Sebelumnya, Irna berharap kepada Gubernur Banten, Wahidin Halim agar bisa memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat Banten Selatan, khususnya Kabupaten Pandeglang dan Lebak, dalam mewujudkan pemerataan pembangunan kedepan yang lebih baik lagi secara bersama-sama dalam mewujudkan pemerataan pembanguan daerah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten.

Hal itu dikarenakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pandeglang saat ini hanya berkisar Rp220 miliar saja. Dimana, Rp150 miliarnya, sudah dipastikan untuk membiayai pos anggaran kesehatan bagi masyarakat, sedangkan Rp90 miliarnya lagi untuk membiayai pos anggaran lain dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pandeglang agar bisa terus berjalan.

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada Pemprov Banten untuk ikut ambil bagian dalam memajukan wilayah Banten Selatan, tidak hanya dalam mewujudkan pemerataan pembangunan saja. Namun, lebih dari itu, hingga upaya pengelolaan aset yang dimiliki Kabupaten Pandeglang, dalam mengelola sumber PAD yang akan dibangun.

“Kami meminta kepada bapak Gubernur untuk memperbesar porsinya bantuan keuangan ini. Dari kakak-kakak kami (Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Banten,red),” kata Irna.

Tidak luput, Irna juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur karena telah memperjuangan masyarakat Selatan hingga terbebas dari status Daerah Tertinggal dari Pemerintah Pusat.**Baca juga: Ini Jawaban WH Soal Permintaan Tambahan Bankeu Dari Kabupaten Pandeglang.

Kendati demikian, lanjut Irna, upaya peningkatan status daerah terus dilakukan melalui berbagai program agar dapat menyusul kabupaten/kota lain di Banten yang jauh lebih maju.(Den)

Berita Terbaru