oleh

Jelang Pilkada 2015, PKB Tangsel Perkuat Rantingisasi

Kabar6-Langkah berbeda ditempuh elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat yang dijadwalkan bergulir pada Desember 2015 mendatang.

Jika sejumlah partai politik diwilayah setempat telah melakukan manuver dan ancang-ancang menghadapi Pilkada, partai yang dikomandoi Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu justru belum berencana membuka penjaringan bakal calon (balon) kandidat kepala daerah.

Alasannya, para pengurus PKB masih melakukan penguatan semua tingkat rangting berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Caretaker Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Tangsel, Ahmad Fauzi mengatakan, jajarannya masih melakukan penguatan jaringan loyalis di tingkat paling bawah.

Penguatan ranting ini akan dilakukan mulai dari basis semua TPS yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan.

“Kami menyebut program rantingisasi. Selain itu, kami juga lagi adakan Musrancab (Musyawarah Anak Cabang) untuk milih pengurus PKB di tingkat DPAC (Dewan Pengurus Anak Cabang) di tingkat kecamatan,” ungkap Fauzi kepada wartawan, Minggu (5/4/2015).

Sebagai langkah berikutnya jelang pelaksanaan pesta demokrasi mendatang, terangnya. Para elite dan kader partai akan segera membentuk tim Desk Pilkada.

Prosedur¬† ini sesuai arahan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB No. 2236/DPP-03/VI/A.1/I/2015 terkait penjaringan bakal calon walikota Tangsel nanti. “Sudah ada arahan dari DPP. penjaringan akan dilakukan setelah rantingisasi rampung,” ujarnya.

Menurut Fauzi, Desk Pilkada mempunyai tugas pokok antara lain membuka pendaftaran, menerima dan meneliti berkas bakal calon.

Selain itu, Desk Pilkada ini akan melaksanakan Musyawarah Pimpinan Cabang (Muspimcab) untuk mendengarkan visi misi yang disampaikan bakal calon walikota.

“Nantinya kan juga ada pleno yang di DPC PKB Kota Tangsel. Hasil dari Muspimcab dan pleno ini nantinya juga akan dipadukan,” paparnya. **Baca juga: Kriteria Ideal Tim Pansel Sekda Tangsel Versi Akademisi.

Setelah itu, pihaknya baru akan melaporkan hasil dari Desk Pilkada terkait bakal calon walikota Tangsel kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.

Tentunya terkait semua keputusan tentang siapa kandidat balon terpilih menjadi calon walikota yang akan diusung PKB merupakan wewenang dari elite di tingkat DPP PKB.

“Kita hanya melaporkan siapa saja, keputusan akhir tetap di DPP,” tandasnya.(yud)

Berita Terbaru