oleh

Jelang Imlek, Pengrajin Hio Tangerang Kebanjiran Order

Kabar6-Jelang perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Febuari mendatang, pengrajin Hio di wilayah Tangerang mulai kebanjiran pesanan dari berbagai daerah.

Peningkatan jumlah pesanan Hio pada tahun 2013 ini, meningkat hingga 50 persen bila dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 20 persen.

Seperti yang terjadi di pabrik Hio yang berada di Kampung Rawa Panjang, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Para pengrajin mulai membuat berbagai jenis Hio dari bahan tepung jati witon. Setelah diolah, bahan tersebut kemudian dimasukan ke dalam cetakan dengan berbagai ukuran.

Para pengrajin mulai membuat Hio dengan berbagai macam jenis, mulai  dari Hio Samkai yang berukuran kecil hingga Hio Naga yang berukuran besar. Harga Hio itu sendiri mulai dijual dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 60 ribu perbatang.

Abeng, salah satu pengrajin Hio mengatakan, dirinya bersama para pengrajin Hio lainnya mulai kebanjiran order sejak beberapa hari lalu. Nantinya Hio itu akan diantar ke sejumlah Vihara di berbagai daerah seperti Surabaya,Kalimantan daan Bangka belitung.

“Pesanan dari berbagai daerah mulai berdatangan. Pesanan tahun ini meningkat sekitar 50 persen bila dibandingkan tahun lalu,” katanya, Rabu (30/1/2013). (Ali)

 

Berita Terbaru