oleh

Jelang Idul Adha 2019, Pedagang Hewan Qurban Mulai Bermunculan di Kabupaten Tangerang

Kabar6-Menjelang Lebaran Idul Adha 2019, pedagang hewan qurban di kawasan Kabupaten Tangerang mulai bermunculan.

Seperti di kawasan Cikupa, pedagang hewan qurban mulai menjajakan dagangannya dengan harga sama seperti tahun sebelumnya.

Salah seorang pedagang, Lukman (61) mengatakan, lebaran qurban tahun ini akan ramai seperti tahun sebelumnya.

“Maka itu saya jualan lebih awal. Harganya juga ga naik, sama seperti tahun kemarin,” ungkapnya kepada Kabar6.com, Senin (22/7/2019).

Tahun ini, Lukman telah menyiapkan 64 ekor domba dengan harga sekitar Rp2 hingga Rp3 juta. “Harga kita sama seperti tahun kemarin,” jelasnya.

Lukman mengatakan, domba-domba yang dijajakannya tersebut sehat dan terbebas dari penyakit, walaupun belum di tes kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang.

“Sekitar dua minggu lagi tes kesehatan dari mantri (dokter) hewan kecamatan untuk hewan-hewan kurban ini. Untuk penjualan para pembeli itu lebih banyak pesan dahulu (Pre Order), jadi kami mesan domba yang dipesan pembeli untuk dijual,” terangnya.

Senada, pedagang lainnya di kawasan Kelapa Dua, Eko Haryanto (42) menuturkan kalau harga hewan qurban di lapaknya juga tak mengalami kenaikan.

“Harga sapi tak mengalami kenaikan, sama seperti tahun kemarin. Masih bertahan diantara Rp19 juta hingga Rp55 jutaan,” paparnya.**Baca juga: Bupati Zaki Buka Turnamen Futsal Pelajar.

Dijelaskannya, kalau sapi qurban miliknya didatangkan dari Jawa Timur sebanyak 50 ekor. “Itu juga untuk pembeli yang PO dan sudah mengirimkan uangnya,” tuturnya.

Eko juga memaparkan kalau hewan qurban miliknya telah lulus tes kesehatan baik di Jawa Timur dan di Tangerang, bersama dinas terkait.(N2P)

Print Friendly, PDF & Email