oleh

Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran di Pemkot Tangerang Baru Capai 70 Persen

Kabar6-Serapan anggaran di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dinilai masih minim jelang akhir tahun. Adapun OPD yang minim serapan terdiri dari PUPR, Perkim, dan DLH.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman menyatakan, saat ini serapan anggaran Pemkot Tangerang diketahui baru 70 persen dan ditargetkan menjelang akhir tahun nanti bisa meningkat di 80 persen.

“Biasanya yang serapannya kecil biasanya untuk OPD teknis seperti Dinas PUPR, Perkim dan DLH karena memang kegiatannya di akhir tahun sehingga sampai saat ini serapannya masih rendah,” ujar Herman kepada wartawan, Jumat (27/11/2020).

Pihaknya berjanji akan menuntaskan target pada akhir tahun Desember 2020. Untuk optimalisasi serapan anggaran ia akan menggenjot melalui berbagai upaya. “Kami upayakan supaya kegiatan itu berjalan sesuai jadwal, supaya akhir tahun bisa terealisasi sebelum libur panjang sehingga semua kegiatan bisa selesai seratus persen,” jelasnya.

Meski demikian, kondisi minimnya serapan tersebut juga dipengaruhi keadaan dalam masa pandemi covid-19. Menurutnya, dibanding pada tahun sebelumnya pada periode yang sama angka serapannya tidak jauh berbeda.

**Baca juga: Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020.

“Ya, itu memperngaruhi karena pengerjaan proyek termasuk juga penyedian bahan terpengaruhi sehingga kegiatan fisik bisa terlambat tidak seperti waktu normal,” terangnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo menjelaskan, saat ini melakukan optimalisasi pengerjaan perbaikan jalan di sejumlah ruas jalan yang rusak. Sebelumnya perbaikan ramp fly over juga telah dilakukan yang tergolong dalam pengerjaan skala besar. (oke)

Berita Terbaru