oleh

Jauhi Rasa Cemburu, Mengapa?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Cemburu merupakan emosi dan biasanya merujuk pada pikiran negatif dan perasaan terancam, takut, dan risau kehilangan sesuatu yang dihargai oleh seseorang, terutama merujuk pada hubungan manusia.

Cemburu seringkali merupakan gabungan emosi yang ditunjukkan seperti marah, benci, kekurangan, dan tidak berdaya. Tidak hanya pada pasangan, cemburu juga bisa disebabkan karena prestasi seseorang, kecantikan, karier yang gemilang, dan lain sebagainya.

Meskipun merupakan sifat alami yang dimiliki seseorang, dilansir Peepwatch, sebaiknya Anda menghindari atau menjauhi rasa cemburu karena tidak baik baik kesehatan mental. Ini dia delapan hal negatif yang akan terjadi pada diri Anda akibat rasa cemburu:
 
1. Hambat karier
Cemburu sangat memengaruhi kehidupan Anda dengan berbagai cara, mulai dari memberikan kesan yang buruk terhadap rekan kerja Anda, hingga menghancurkan karier Anda. Tidak hanya itu, rasa cemburu atau iri hati ini membuat Anda sulit bekerjasama dengan orang lain.
 
2. Hancurkan hubungan keluarga
Cemburu yang bersifat negatif akan membuat hubungan di antara anggota keluarga menjadi jauh dan akhirnya terputus.
 
3. Timbulkan rasa sedih & putus asa
Cemburu dan iri hati hanya akan membuat rasa kesepian dan sedih, yang pada akhirnya akan memengaruhi kemampuan berpikir dan menjadikan Anda seseorang yang pesimistis dalam hidup.
 
4. Hancurkan kehidupan sosial
Tidak ada orang di dunia ini yang ingin berdekatan apalagi berteman dengan seseorang yang terus mengasihani dirinya sendiri dan membuat orang lain merasa tidak bahagia bersamanya. Hal ini tentu saja akan membuat hubungan Anda dengan sahabat dan orang lain menjadi tidak baik.
 
5. Pengaruhi kesehatan mental secara keseluruhan
Seseorang yang terus menghabiskan waktunya untuk mengawasi kegagalan dan keberhasilan orang lain tidak akan pernah merasa bahagia. Memiliki rasa cemburu dan iri hati hanya akan membuat Anda menjadi seorang pemarah, selalu merasa kesepian, dan lemah setiap saat.

Selain itu, perasaan negatif ini juga berhubungan dengan terjadinya berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan jantung, obesitas, penuaan dini, dan kematian dini. Memiliki pikiran dan perasaan negatif juga dapat menignkatkan risiko terjadinya gangguan cemas dan depresi.
 
6. Ganggu hubungan Asmara Anda & pasangan
Tidak ada orang yang senang berkencan atau berpacaran dengan seseorang yang selalu terobsesi dan menjelek-jelekkan orang lain. Seseorang yang demikian tidak akan pernah memperoleh rasa cinta atau hormat dari orang lain. Selain itu, terus mencurigai pasangan Anda berselingkuh juga akan membuat hubungan Anda dan pasangan semakin menjauh.
 
7. Bisa Menjerumuskan Anda menjadi seorang kriminal
Langkah terakhir yang biasanya dilakukan oleh seseorang dengan rasa cemburu dan iri hati yang besar pada orang lain adalah membalas dendam. Kondisi ini dapat membuat Anda melakukan berbagai hal buruk, termasuk tindak kejahatan yang pada akhirnya akan menjadikan Anda seorang kriminal.
 
8. Pengaruhi orang-orang yang Anda cintai
Jika Anda merasa sedih dan tidak puas dengan kehidupan, hal ini tentu saja akan membuat keluarga merasa sedih. Mereka tentunya akan terus merasa cemas dan khawatir mengenai keadaan Anda dan merasa sedih saat melihat perilaku Anda terhadap orang lain. ** Baca juga: Meski Tidak Digunakan, Berdekatan dengan Gadget Bisa Rusak Kemampuan Kognitif Otak

Selalu bersyukur dengan segala yang Anda miliki akan menjauhkan diri dari sifat cemburu dan iri hati.(ilj/bbs)

Berita Terbaru