oleh

Jauhi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Kabar6-Sebagian orang memiliki stamina kurang kuat atau memang saat itu sedang tidak fit, sehingga mengalami mabuk perjalanan selama mudik. Entah itu saat naik mobil, pesawat, kapal laut, atau kereta.

Kondisi ini tentu saja cukup merepotkan, terlebih saat mudik suasana sangat padat. Namun ada beberapa antisipasi yang dapat dilakukan agar Anda tidak mengalami mabuk perjalanan saat mudik. Melansir beberapa sumber, jangan tahan mual yang Anda rasakan. Jika memang ingin muntah, ambil kantung atau lari ke kamar kecil untuk mengeluarkan isi perut. Menahan mual justru akan membuat Anda merasa tersiksa.

Usai muntah, minumlah banyak air putih. Disarankan minum air putih hangat untuk menenangkan perut serta mencegah dehidrasi. Saat muntah, ‘isi’ perut Anda keluar sehingga disarankan mengonsumsi makanan ringan untuk mengisi kembali perut agar tidak kosong yang dapat memicu masuk angin.

Setelah itu, beristirahatlah dan pejamkan mata. Kalau Anda tertidur itu lebih baik. Jangan membaca buku atau bermain smartphone, karena justru memicu mabuk lebih parah lagi. ** Baca juga: Cara Efektif Hidrasi Tubuh Selain dengan Minum Air Putih

Selanjutnya, balurkan minyak angin di bagian leher dan perut untuk menghangatkan bagian tubuh tersebut. Jika Anda alergi atau tidak suka dengan bau minyak angin, cobalah makan permen mint untuk hilangkan rasa mual.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru