oleh

Jauhi Junk Food Saat Stres, Begini Caranya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat dilanda stres, sebagian besar orang tidak bisa menahan keinginan untuk mengkonsumsi berbagai jenis camilan tidak sehat seperti keripik kentang, kue, donat, biskuit, dan lain sebagainya.

Diketahui, jenis makanan manis memang dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) di dalam darah, meskipun hanya untuk sementara. Jika hal ini berlangsung dalam jangka panjang tentu tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana menghindari keinginan mengkonsumsi aneka jenis junk food saat stres? Dilansir Menshealth, begini tipsnya:

1. Konsumsi minuman yang mengandung kayu manis
Hasil penelitian menunjukkan, kayu manis dapat membantu menjaga kadar insulin di dalam darah tetap stabil, yang berarti dapat membantu keinginan Anda untuk makan.

2. Berjalan kaki selama 15 menit
Berolahraga dapat memicu pelepasan endorfin, yang akan membuat Anda merasa lebih rileks. Selain itu, udara segar juga merupakan salah satu pengurang stres. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Austria, berjalan kaki selama 15 menit dapat mengatasi keinginan seseorang untuk mengkonsumsi makanan manis.

3. Kupas jeruk
Mengupas jeruk ternyata merupakan salah satu teknik rileksasi, karena mengacu pada gerakan meditasi mini, di mana Anda harus berhenti melakukan berbagai hal lain karena menggunakan kedua tangan untuk mengupas jeruk.

Bau jeruk pun akan membuat Anda merasa lebih tenang, yang mungkin dapat membantu mengurangi keinginan Anda untuk mengemil. Agar mendapatkan manfaat maksimal, kupaslah jeruk dengan gerakan melingkar sambil mencium aromanya, kemudian makanlah buah jeruk tersebut perlahan-lahan.

4. Konsumsi Alpukat
Lemak sehat, protein, dan serat yang ada di dalam alpukat dapat membantu membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak ingin mengemil.

5. Makan dalam porsi kecil
Bila Anda benar-benar tidak dapat menahan keinginan untuk mengkonsumsi cokelat atau keripik kentang, makanlah sedikit saja. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Cornell, mengkonsumsi 15 gram cokelat atau keripik kentang sudah cukup untuk memuaskan rasa ‘ngidam’, sama seperti jika Anda mengkonsumsi sebungkus cokelat atau keripik kentang.

6. Alihkan perhatian Anda
Saat merasa ingin mengemil, sibukkanlah tangan Anda dengan melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti mengetik pesan, memeriksa email, atau bermain game selama beberapa menit.

7. Bijak memilih camilan
Jika Anda merupakan tipe orang yang selalu ingin makan atau mengemil saat stres, sediakan merupakan camilan rendah kalori seperti buah-buahan.

8. Rencanakan kegiatan mengemil Anda
Jika Anda benar-benar ingin mengemil, pikirkanlah camilan apa yang benar-benar disukai. Anda boleh mengkonsumsi camilan kesukaan satu atau dua kali seminggu.

9. Konsumsi teh Chamomile
Menurut penelitian, chamomile dapat membantu mengatasi rasa cemas pada orang dewasa dan dapat membuat mereka merasa lebih rileks.

10. Jangan terlambat makan
Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting untuk mengatasi stres. Para ahli menemukan bahwa kekurangan magnesium dapat membuat seseorang ingin mengkonsumsi makanan manis. Bila Anda sering terlambat atau tidak makan, maka kemungkinan besar tubuh Anda akan mengalami kekurangan nutrisi.

Terlambat atau tidak makan akan menyebabkan kadar gula darah menurun, sehingga membuat Anda semakin ‘ngidam’ untuk makan camilan dan membuat Anda semakin ingin makan saat stres. ** Baca juga: Jauhi Rasa Cemburu, Mengapa?

Disarankan agar Anda menyiapkan camilan sehat seperti kacang, buah segar, dan buah kering.(ilj/bbs)

Berita Terbaru