oleh

Jatuh Cinta Bikin Kekebalan Tubuh Naik

Kabar6-Selain membuat hidup terasa lebih berwarna, jatuh cinta ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh, terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian pada 2018 lalu, disebutkan bahwa ketika manusia jatuh cinta, perasaan tersebut mempengaruhi fungsi sistem imun tubuh mereka.

Penelitian tersebut, melansir hellosehat, melibatkan sebanyak 47 mahasiswi yang berkuliah di Amerika. Pada masa mereka memasuki kuliah, semua peserta baru saja memulai hubungan mereka yang sudah berlangsung kurang lebih satu bulan. Mereka yang terlibat penelitian tersebut memiliki kesamaan kondisi seperti heteroseksual, tidak sedang hamil atau menyusui, bukan perokok aktif, sedang tidak memakai obat-obatan yang berkaitan dengan jantung dan sistem imun, akan berada di kota yang sama selama enam bulan ke depan

Dalam penelitian, mereka harus menjawab pertanyaan, “Apakah Anda sudah jatuh cinta dengan pasangan Anda?”

Hasilnya, sebanyak 36 persen wanita yang mengaku mulai mencintai pasangan mereka memiliki peningkatan aktivitas sistem pertahanan tubuh mereka terhadap virus. Perubahan ini terlihat jelas dibandingkan 54 persen wanita yang tidak sedang jatuh cinta pada awal penelitian ini dimulai.

Hal ini mungkin disebabkan oleh pelepasan hormon oksitosin ketika Anda jatuh cinta dan berada di dekat pasangan. Hormon tersebut dapat membuat fungsi sistem imun menjadi lebih baik melalui koordinasi aktivitas jaringan neuroendokrin, yaitu aktivitas sistem saraf pusat di otak yang terkoordinasi dengan hormon oksitosin dalam peningkatan sistem imun tubuh.

Ketika orang-orang sedang merasakan jatuh cinta, mereka lebih tahan menghadapi serangan penyakit karena perasaan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Tidak semua orang merasakan jatuh cinta setiap saat. Meskipun demikian, Anda tetap dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendapat manfaat kesehatan dari jatuh cinta dari orang di sekitar Anda. Misalnya, hubungan positif dan dekat dalam sebuah keluarga atau pertemanan pun memberikan efek yang hampir serupa seperti jatuh cinta.

Perlakuan sederhana seperti bersentuhan, memegang tangan, atau berpelukan membantu Anda terhubung dengan orang lain. Kabar baiknya lagi, hal ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

Hal ini disebabkan adanya pelepasan hormon yang sama seperti saat jatuh cinta, yaitu oksitosin, hormon yang muncul ketika Anda sedang berpelukan atau mengalami sentuhan fisik dengan orang yang Anda sayang dan merasa terkoneksi dengan Anda.

Apa pun status hubungan Anda saat itu, merasakan jatuh cinta atau tidak, mempunyai hubungan yang positif adalah hal yang penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Bukan hanya jatuh cinta terhadap pasangan atau lawan jenis saja yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilimpahi kasih sayang dari orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat juga memiliki dampak serupa terhadap kesehatan. ** Baca juga: 5 Sumber Protein yang Diperlukan Saat Masuki Usia 40-an

Jatuh cinta memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mereka yang sedang mengalaminya jauh dari kata sakit. Itu sebabnya, tak salah anggapan yang mengatakan bahwa jatuh cinta membawa dampak baik bagi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru