oleh

Jari Jouda, ‘Kue Gurun’ di Padang Pasir Arab Saudi

Kabar6-Sebuah gunung berbentuk unik seperti sepotong kue, berdiri tegak di tengah gurun pasir Arab Saudi. Gunung ini oleh masyarakat lokal dikenal sebagai ‘Jari Jouda’ atau Kue Gurun, yang terletak di jalur Joudy dekat Wilayah Timur, 150 kilometer dari Dammam.

Daerah tempat Kue Gurun ini, melansir Alarabiya, terletak di antara rute perdagangan terpisahkan di gurun Semenanjung Arab. Merupakan gunung sedimen, mencakup gua-gua yang terbentuk oleh air dan angin, telah terbentuk selama ribuan tahun oleh air murni yang menutupi wilayah tersebut.

Abdel Aziz bin Laboon, Profesor geologi di King Saud Univeristy, mengatakan bahwa gunung ini tetap sendirian di tengah padang pasir datar, setelah tanah di sekitarnya meleleh selama jutaan tahun lalu. Gunung itu tetap kokoh terhadap semua perubahan geologis yang telah menghantam daerah tersebut. ** Baca juga: Kaki Seperti Tersetrum, Dokter Temukan Larva Serangga dari Punggung Seorang Wanita

Ditambahkan Abdel, Arab Saudi adalah teater utama bagi mahasiswa geologi, di mana perubahan besar di tanah menarik bagi para sarjana.(ilj/bbs)

Berita Terbaru