Jangan Tunda, Segera Santap Makanan Ini Usai Dimasak

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Usai memasak biasanya Anda seringkali menyimpannya beberapa saat, sebelum dimakan. Padahal beberapa jenis makanan dianjurkan untuk segera disantap begitu selesai dimasak.

Hal itu karena jika menunggu terlalu lama, maka nutrisi makanan tersebut akan hilang, sehingga berbahaya saat dikonsumsi. Dilansir Pop Sugar, berikut adalah makanan yang sebaiknya segera dikonsumsi usai dimasak:

1. Nasi
Jangan menyimpan nasi pada suhu ruangan. Sebaiknya letakkan nasi dalam pemanas jika tidak segera disantap, karena membiarkan nasi dalam suhu ruangan akan memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan.

2. Kentang
Sama seperti nasi, jangan pernah menyimpan kentang yang telah dimasak dalam suhu ruangan. Kentang yang dingin rentan ditumbuhi bakteri. Selain itu, jangan pernah memanaskan kentang kembali saat hendak disantap karena berbahaya bagi tubuh.

3. Roti bakar
Mengonsumsi roti bakar dalam keadaan dingin juga tidak baik bagi kesehatan. Saat dibakar, roti akan melepaskan zat akrilamida. Jika dibiarkan terlalu lama, zat ini akan berubah menjadi senyawa berbahaya yang memicu kanker.

4. Ayam
Ayam yang telah dimasak juga sebaiknya langsung dimakan. Jika dibiarkan dingin, protein di dalamnya akan menurun dan berubah menjadi zat racun. Anda juga tidak boleh memanaskan ulang makanan ini karena akan menimbulkan masalah pencernaan setelah disantap.

5. Telur
Telur yang dimasak dengan cara direbus juga sebaiknya langsung dimakan. Jika dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan, telur itu akan ditumbuhi bakteri yang berbahaya bagi pencernaan. ** Baca juga: Ketahui Bahaya Tindik Hidung

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)