oleh

Jangan Sembarangan Minum Jus

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Seringkali kita mengonsumsi jus, baik jus buah maupun sayuran, untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus kecantikan kulit.

Namun tahukah Anda aturan minum jus? Berikut tips minum jus yang dikutip dari kumpulan.info/sehat:
 
1. Jus asam bukan untuk pagi hari

Untuk menghindari sakit perut, jangan minum jus yang terbuat dari buah-buahan asam pada pagi hari. Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.

2. Jus bukan pengganti makanan

Buah-buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal, jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, kekebalan tubuh akan melemah.

3. Jus bukan pengganti buah

Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa mengkonsumsi buah secara langsung tidak baik. Ini dapat meningkatkan berat badan. Tetaplah mengkonsumsi buah segar yang bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal.

4. Jus diminum beserta ampasnya

Jangan buang ampas buah yang telah terpisah. Pada ampas buah terdapat serat dan vitamin, yang paling umum adalah vitamin C.

5. Jus jangan disimpan dalam waktu lama

Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita.

6. Jus tidak selalu rendah kalori

Alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kalori tinggi, yaitu sekitar 200 kkal. Jika ingin jus dengan kalori rendah, dapat memilih buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir yang kandungan kalorinya sekitar 80 kkal.

7. Jus tidak selalu harus buah

Sayur-sayuran dapat dibuat menjadi jus. Rasa pahit pada sayur dapat diatasi dengan mengkombinasikan sayuran dengan buah, sehingga rasanya lebih segar.

8. Jus menggunakan buah-buahan segar

Agar mendapatkan khasiat yang maksimal, gunakan buah atau sayuran segar yang masih dalam kondisi segar. Menggunakan buah atau sayur yang layu, akan membuat kualitas jus berkurang.

9. Jus dengan berbagai variasi

Mengkombinasikan berbagai buah dalam satu gelas jus merupakan cara praktis agar tubuh memperoleh beberapa manfaat dalam satu kali teguk.

10. Jus dengan tambahan gula, madu atau susu

Untuk menambah kenikmatan jus, biasanya ditambahkan gula, madu atau susu. Ada beberapa aturan jika ingin menambahkan jus Anda dengan salah satu pasangannya ini. Perhatikan banyaknya gula atau madu yang akan digunakan atau pilihan susu. ** Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Pagi Hari

Dengan mengikuti aturan yang benar saat minum jus, Anda akan lebih merasakan manfaatnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru