oleh

Jangan Salah Pilih, Kandungan Gula dalam Es Krim Berbeda-beda, Lho

Kabar6-Es krim mengandung sejumlah manfaat kesehatan. Namun apabila Anda makan es krim yang terlalu manis bisa jadi mengandung gula tinggi yang dapat membuat lonjakan gula darah dalam tubuh meningkat.

Bila gula darah sudah meningkat tajam, bukan tidak mungkin Anda mengalami masalah kesehatan. Karena itulah, melansir healthyeating.sfgate, disarankan utnuk memilih es krim yang tepat dengan kandungan gula sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Berikut penjelasannya:

1. Es krim biasa
Kandungan gula bisa sedikit berbeda antara merek dan rasa es krim. Rata-rata, dua sendok atau sekira satu cangkir es krim biasa menyediakan sekira 28 gram gula pasir. Gula ini setara dengan tujuh sendok teh gula.

2. Light es krim
Sekarang ini banyak ditawarkan light es krim atau es krim ringan. Maksudnya adalah es krim mengandung kalori rendah. Namun kebanyakan produsen seringkali menambahkan gula terlalu banyak ke dalam es krim ini, sehingga dua sendok es krim ini bisa jadi malah mengandung hampir 34 gram gula ekstra, yang setara dengan 8¬Ĺ sendok teh gula.

Selain itu, orang merasa kurang bersalah saat memilih es krim ringan dan seringkali makan lebih banyak, yang justru bisa menambah jumlah gula sangat tinggi yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh.

3. Es krim bebas gula
Es krim bebas gula tidak mengandung gula tambahan, namun mengandung sedikit gula alami dari produk susu. Misalnya, secangkir es krim bebas gula mengandung 9 gram gula pasir, atau lebih dari dua sendok teh gula ekstra.

Apabila Anda menderita diabetes, perhatikan kandungan karbohidrat total es krim bebas gula, yang sama dengan es krim biasa sekira 30 gram per cangkir.

Gula alkohol yang digunakan untuk memaniskan es krim bebas gula tidak disertakan sebagai bagian dari gula pada label fakta nutrisi, namun tetap dihitung sebagai karbohidrat, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. ** Baca juga: Sebenarnya Berapa Lama Nikotin Dapat Bertahan dalam Tubuh?

Jadi bila Anda tidak ingin memasukkan gula terlalu banyak ke tubuh, usahakan untuk lebih bijak dalam memilih es krim dan memperhatikan porsi yang Anda konsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru