oleh

Jangan Salah Pilih, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mulut

Kabar6-Sering mengalami bau mulut tentu saja membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dalam pergaulan sehari-hari. Karena itulah, Anda wajib menjaga kesehatan mulut.

Pola makan yang sehat membuat sistem kekebalan tubuh jauh lebih kuat, sehingga membantu mencegah semua masalah kesehatan, termasuk kesehatan gusi dan gigi. Untuk menjaga kesehatan mulut, melansir Sindonews, ada beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi. Ini enam makanan terbaik yang dimaksud:

1. Keju
Mengunyah keju dapat mengaktifkan produksi air liur dan sifat basa lalu menetralkan asam yang terbentuk pada gigi oleh bakteri. Air liur yang dihasilkan juga dapat membantu melarutkan gula dalam mulut.

2. Susu
Beberapa penelitian menunjukkan, protein susu seperti kasein dan laktoferin dapat menempel pada gigi lalu mencegah bakteri pembusuk gigi.

3. Yoghurt
Yoghurt merupakan probiotik yang dapat membantu menstabilkan mikrobiota oral dan menjaga kesehatan gusi dan gigi. Dua bakteri yang terdapat pada yoghurt, lactobacillus dan bifidobacterium dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri kariogenik.

4. Jeruk
Jeruk mengandung senyawa seperti tanin, terpenoid dan flavonoid yang dikenal efektif melawan bakteri. ** Baca juga: Tidur di Lantai Tidak Baik untuk Kesehatan

5. Apel
Mengunyah Apel juga dapat merangsang produksi air liur alkali yang mengurangi asam dalam mulut. Beberapa penlitian mengungkapkan, apel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mulut.

6. Semangka
Semangka memiliki kandungan likopen (antioksidan) yang baik bersama dengan vitamin B (B1, B6), kalium dan magnesium. Menurut sebuah penelitian, likopen dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan mulut.

Selain itu, ada juga makanan yang harus dihindari yaitu makanan yang kaya akan pati dan gula. Alasannya, makanan tersebut paling disukai bakteri yang berada di gusi.

Bakteri itu mengubah gula menjadi asam berbahaya yang menyebabkan hadirnya beberapa kuman dan kotoran yang membusuk hingga menyebabkan beberapa penyakit gusi, seperti gingivitis atau periodontitis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru