oleh

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Minuman Sehat untuk Lebaran

Kabar6-Selain ketupat, opor ayam, sambal goreng kentang, hingga camilan kue-kue manis pelengkap, biasanya Anda juga akan menghidangkan minuman segar seperti es sirop, es kopyor, dan minuman manis lainnya.

Meskipun lezat, kombinasi makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan lemaknya yang tinggi dapat memicu kolesterol, sementara gula dari minuman bisa membuat gula darah Anda melonjak.

Lantas, minuman apa yang sebaiknya disajikan untuk pelengkap hidangan Lebaran? Selain memperhatikan jenis makanan, penting juga bagi Anda untuk menyediakan minuman sehat saat Lebaran.

Ya, akan sia-sia apabila makanan yang Anda sajikan sudah sehat dan bergizi, tapi dikacaukan dengan minuman yang ternyata tidak sehat. Melansir honestdocs, berikut pilihan minuman sehat yang bisa Anda sajikan saat Lebaran:

1. Air putih
Dalam berbagai kesempatan, air putih tetaplah menjadi minuman paling sehat untuk dikonsumsi. Minum air putih dapat membantu mencegah dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal. Air putih juga tidak mengandung kalori, gula, maupun karbohidrat sehingga tidak akan membuat berat badan naik saat Lebaran.

2. Teh hijau
Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol, jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stroke, penyakit jantung, hipertensi, hingga kanker. Jenis minuman ini juga rendah kalori sehingga tidak akan bikin perut buncit setelah Lebaran.

3. Air kelapa muda
Air kelapa muda merupakan minuman sehat yang cocok diminum kapan saja, termasuk saat Lebaran. Kelapa mengandung 95 persen air, sehingga dapat mengambalikan cairan tubuh dengan cepat.

Air kelapa juga mengandung kaya elektrolit yang bisa mengatasi mual atau muntah. Agar lebih sehat, hindari menambahkan terlalu banyak gula agar kadar gula darah Anda tetap aman selama Lebaran.

4. Susu cokelat
Sama seperti susu pada umumnya, susu cokelat mengandung kaya kalsium, vitamin D, dan kalium. Semua nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi Anda.
Segelas cokelat panas juga mengandung rendah lemak, sehingga aman bagi Anda yang sedang diet.

5. Jus buah
Jus buah cocok disajikan sebagai minuman untuk Lebaran yang sehat dan menyegarkan. Berbagai jenis buah-buahan mengandung kaya vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Jus jeruk, misalnya, mengandung kaya vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh selama Lebaran. Jus jeruk juga cocok diminum oleh ibu hamil, sebab kandungan folatnya dapat melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf (spina bifida).

Bila Anda ingin meraup manfaat jus buah, buatlah jus buah sendiri tanpa tambahan gula maupun pemanis lainnya. Hindari mengonsumsi jus buah kemasan karena kandungan gulanya biasanya lebih tinggi dan tidak murni. ** Baca juga: Hitung Kandungan Lemak pada Setiap Bagian Opor Ayam

Nikmati menyantap hidangan lebaran dengan cara sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru