oleh

Jangan Salah, Face Shield Bukan Pengganti Masker

Kabar6-Selain melalui hidung dan mulut, mata disebut-sebut sebagai salah satu media virus corona atau SARS-CoV-2 dapat masuk ke tubuh manusia. Secara teori dikatakan, penularan COVID-19 bisa dari droplet, yaitu media yang ada di bagian mukosa pada mata, hidung dan mulut.

Karena itulah, peneliti melakukan inovasi untuk membuat face shield. Saat ini, penggunaan face shield lebih disukai masyarakat karena dapat melihat gestur mulut saat berbicara.

Hal yang harus diketahui, melansir Okezone, face shield bukanlah pengganti masker. Face shield dapat melindungi mata dari paparan droplet atau mengurangi kebiasaan seseorang mengucek mata. Ini berbeda dengan masker yang hanya melindungi area mulut dan hidung. Jadi, face shield tidak bisa menggantikan posisi masker.

Ya, masker lebih efektif melindungi mulut dan hidung dari paparan droplet. Sedangkan droplet masih bisa masuk melalui celah pada bagian bawah face shield.

Penggunaan face shield tanpa masker penutup mulut dan hidung tidak dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap virus Corona. ** Baca juga: Menyehatkan, Tapi Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Jadi, agar lebih aman dari paparan droplet yang dapat memicu COVID-19, lebih baik menggunakan face shield untuk melindungi bagian mata, dan juga menggunakan masker untuk melindungi bagian hidung dan mulut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru