oleh

Jangan Remehkan, Seprai Kotor Bisa Picu Sesak Napas

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menurut Philip Tierno, ahli mikrobiologi Universitas New York, tempat tidur merupakan tempat di mana bakteri dan jamur dapat berkembangbiak dengan cepat.

Karena itulah jika dibiarkan terlalu lama, dilansir Independent, kehidupan mikroskopis pada lipatan seprai bisa membuat Anda. Solusinya, cucilah seprai seminggu sekali.

Dalam sebuah studi yang menilai tingkat kontaminasi jamur di tempat tidur, para peneliti menemukan bahwa sampel uji bantal bulu dan sintetis yang berumur 1 1/2-20 tahun mengandung 16 spesies jamur.

Selain jamur dan bakteri yang berasal dari keringat, sputum, sel kulit dan ekskresi vagina dan dubur, Anda juga berbagi tempat tidur dengan mikroba asing. Termasuk bulu binatang, serbuk sari, tanah, serat, debu dan kotoran dari bahan dasar seprai itu sendiri.

Tempat tidur yang kotor akan memaparkan zat yang bisa memicu sesak napas dan bersin, karena mikroba berada sangat dekat dengan mulut dan hidung Anda sehingga terhirup.

“Bahkan jika Anda tidak memiliki alergi, Anda bisa mendapat respons alergi,” kata Tierno. Alasan lain mengapa seprai pada tempat tidur Anda kotor dengan cepat adalah gravitasi. “Gravitasi adalah apa yang membawa semua materi itu ke kasur Anda,” tambahnya.

Satu sampai dua minggu penumpukan kotoran di seprai pada tempat tidur Anda sudah cukup untuk membuat tenggorokan gatal, terutama pada mereka yang memiliki alergi atau asma. ** Baca juga: 4 Cara Sederhana Kurangi Rasa Cemas Berlebihan  

Jadi jangan abaikan kebersihan seprai, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru