oleh

Jangan Remehkan, Ada 5 Khasiat Kolang Kaling Bagi Tubuh

Kabar6-Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang-kaling diketahui memiliki kadar air sangat tinggi.

Buah ini juga mengandung protein, karbohidrat, serta kadar abu dan serat kasar. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling pun membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Nah, apa saja sih manfaat lain kolang kaling yang selalu menjadi favorit minuman saat Ramadan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima manfaat yang dimaksud:

1. Bantu diet
Menurut penelitian, 100 gram buah kolang kaling mengandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Sedangkan kadar airnya sangat tinggi yaitu hingga 94 persen yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika dikonsumsi. Kandungan gelatin yang dimiliki kolang kaling inilah yang memberi efek mengenyangkan perut.

2. Perkuat tulang
Kolang kaling mengandung kalsium 91 miligram kalsium yang sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, bahkan bisa digunakan sebagai alternatif pengganti susu. Tak heran jika para lansia juga dianjurkan mengkonsumsi kolang kaling agar tulang tidak rapuh.

3. Cegah radang pada sendi
Buah yang memiliki kandungan zat galaktomanan ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

4. Atasi masalah pencernaan
Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39 persen, disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Selain membuat BAB lebih mudah dan teratur, khasiatkolang kaling juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

5. Atasi anemia
Mengonsumsi 100 gram kolang kaling bermanfaat untuk mengatasi anemia. Zat besi yang terdapat dalam kolang kaling akan memberi manfaat untuk mengalirkan karbondioksida dan oksigen ke seluruh tubuh. ** Baca juga: Sarapan Jamur Hindari Kalori yang Berlebihan

Manfaat yang menyenangkan, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru