oleh

Jangan Pinjamkan 4 Alat Kecantikan Ini pada Orang Lain

Kabar6-Anda mungkin sering saling meminjamkan peralatan make-up pada saudara ataupun teman saat sedang bersama-sama. Padahal, kebiasaan yang satu ini tidak hanya akan mengontaminasi produk itu sendiri, tetapi juga berisiko membahayakan kondisi kesehatan muka. Dilansir Go Dok, berbagi peralatan make-up dapat memberikan infeksi kulit hingga menyebabkan penyakit seperti herpes dan blood-borne seperti HIV. Apa saja sih empat alat kecantikan yang sebaiknya tidak dipinjamkan pada orang lain?

1. Make-up mata
Downie, seorang ahli dermatologis, mengatakan bahwa berbagi kosmetik, terutama maskara, eyeshadow dan eyeliner dapat mengakibatkan infeksi pada mata. Terlebih bagi Anda pengguna lensa kontak, kebiasaan meminjamkan alat make-up mata dapat dengan mudah menyimpan bakteri dari make-up mata tersebut.

2. Lipstik
Tanpa disadari, kegiatan ini dapat berakibat buruk pada kesehatan bibir karena dapat menularkan virus herpes simplex tipe 1. Bahkan menurut ahli dermatologis Larry Beatty, kondisi dari infeksi tersebut dapat melekat seumur hidup.

3. Kuas make-up
Kuas adalah alat yang sering digunakan untuk tampilan lebih flawless dan efisien dalam penggunaan produk. Namun Anda harus hati-hati karena bakteri gemar ‘bersembunyi’ di sela-sela bulu-bulu kuas, terlebih jika Anda tidak langsung membersihkannya dengan benar. Itu sama saja dengan berbagi bakteri pada muka. Parahnya lagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau berjerawat.

4. Meminjamkan alat cukur wajah
Perlu diketahui HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Cara penyaluran penyakit ini bisa terjadi melalui kontak darah/luka yang tercemar HIV. Alat cukur wajah mempunyai risiko yang cukup tinggi ‘melukai sang pemakainya’ hingga berdarah. Nah, apabila orang yang kita berbagi make-up menderita penyakit HIV, maka kemungkinan besar akan menular pada pemilik alat cukur wajah. ** Baca juga: Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Malam?

Jadi gunakan alat kecantikan hanya untuk pribadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru