oleh

Jangan Pernah Memakai Barang Ini Bersama

Kabar6-Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berbagi. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang disarankan agar tidak berbagi.

 

Salah satunya adalah barang yang bersifat pribadi. Mengapa demikian? Selain untuk menjaga kesehatan, juga untuk menghindari menularnya virus, yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

 

Barang-barang apa saja yang sebaiknya tidak dipakai bersama-sama dengan orang lain?

 

1. Gunting kuku

Meminjamkan gunting kuku dapat menimbulkan risiko penularan infeksi virus, seperti jamur pada kuku yang menimbulkan berbagai penyakit.

 

2. Pisau cukur

Beberapa studi kasus membuktikan, pisau cukur berperan penting dalam penularan virus hepatitis B, C, dan HIV. Pisau cukur yang dipakai secara bergantian juga dapat menjadi sebab akan infeksi jamur.

 

3. Antiperspirant (deodorant)

Memakai antiperspirant secara bersama-sama sangat rentan menularkan kuman yang berada pada ketiak. ** Baca juga: Mengapa Kulit Wajah Tiba-tiba Menghitam?


4. Handuk

Menurut laporan dari pusat pengendalian pencegahan penyakit AS (CDC), handuk yang digunakan secara bergantian dapat menyebabkan infeksi pada kulit, terutama handuk yang dalam keadaan basah.

 

5. Sikat gigi

Memakai sikat gigi secara bergantian akan memiliki risiko timbulnya infeksi melalui darah, karena sangat dimungkinkan darah akan keluar pada saat seseorang menyikat gigi.

 

Jadi sebaiknya Anda memiliki sendiri barang-barang tadi, untuk menghindari risiko penyakit menular. (ilj/bbs)

Berita Terbaru