oleh

Jangan Membuang Barang-Barang Ini Ke Toilet

IlustrasiKabar6-Selain sebagai tempat pembuangan hajat, toilet kadangkala dimanfaatkan juga sebagai tempat sampah alias untuk membuang barang-barang seperti tisu, puntung rokok, dan lain-lain.

 

 

Tahukan Anda, kebiasaan tersebut selain merugikan juga sangat berbahaya untuk lingkungan dan sumber air tanah? Nah berikut beberapa barang yang sebaiknya jangan dibuang dalam toilet:

 

1. Popok bayi

Selain membuat saluran pembuangan tersumbat, popok bayi terdiri dari bahan-bahan yang tidak mudah terurai dalam saluran pembuangan toilet.

 

2. Kondom

Kondom terbuat dari bahan latex yang justru akan menjadi racun bagi air dan tanaman.

 

3. Kapas

Kapas yang menumpuk dapat membuat saluran pembuangan tersumbat, bahkan perlu cara manual untuk mengeluarkan kapas dari saluran air untuk membantu mencegah penyumbatan.

 

4. Obat kedaluwarsa

Meskipun sudah kedaluwarsa, obat yang dibuang ke toilet akan mencair dan larut dalam air. Larutan itu akan  masuk ke air resapan, dengan tidak meninggalkan efek bahan kimia dalam obat.

 

5. Puntung rokok

Puntung rokok merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh. Bahan kimia dalam rokok dapat meracuni sekaligus menyebabkan polusi air resapan.

 

6. Minyak

Semua jenis minyak terutama minyak goreng, sebaiknya tidak dibuang ke toilet. Pada suhu tertentu, minyak akan tampak seperti cairan, dan kemudian membeku serta menyumbat pipa pembuangan.

 

7. Kotoran hewan

Bakteri yang terkandung dalam kotoran hewan dapat menginfeksi manusia terlebih jika tidak dibersihkan secara maksimal.(ilj)

**Baca juga: Apa Saja Fakta Menarik Seputar Teh Hijau?

Berita Terbaru