oleh

Jangan Malu, Sering Kentut Justru Tunjukkan Kesehatan Anda Baik

Kabar6-Jika sebagian orang merasa malu saat buang gas atau kentut, ahli kesehatan justru megatakan bahwa rutin buang angin merupakan tanda kesehatan yang baik. Alasannya, angin bisa keluar sehingga mencegah kembung.

“Kita lihat mereka yang sering makan bijian utuh akan lebih sering kembung hingga sering mengeluarkan angin,” ujar Stine Vuholm dari University of Copenhagen, Denmark. Sebaliknya, mereka yang jarang makan biji-bijian justru sering mengalami bengah di perut dan kelelahan sepanjang hari.

Makanan bijian utuh, dilansir Times of India, berarti seluruh bagian esensial dan nutri alaminya terlahap tubuh. Pada makanan yang bukan bijian utuh biasanya beberapa bagian yang justru mengandung serat dan vitamin dihilangkan.

Studi terbaru dilakukan melibatkan 75 orang untuk menganalisa dampak biji-bijian utuh bagi perut. Komparasi dilakukan dengan membagi kelompok studi ke pemakan biji-bijian utuh dan tidak.

Mereka yang makan biji-bijian utuh (whole grains) memperhatikan kalau makanan mereka butuh waktu untuk berkelana di pencernaan, dibanding mereka yang hanya makan gandum. Vulholm mengatakan, sebenarnya rajin ke toilet untuk buang angin terkesan tidak menyenangkan. Tapi sesungguhnya itu adalah tanda kesehatan yang baik.

“Secara sosial tidak nyaman. Tapi sangat baik untuk bisa mengeluarkan udara. Jika gas dari pencernaan bisa keluar Anda terbebas dari sakit perut yang menyebabkan perut begah.” Studi lain menyebut, mengonsumsi biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko sakit jantung, stroke, diabetes tipe dua, dan bisa membantu mengatur berat badan. ** Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Tulang Sehat

Jadi jangan malu kalau sering kentut, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru