oleh

Jangan Malas Membersihkan Wajah

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setelah seharian beraktivitas, hal pertama yang akan dilakukan wanita setibanya di rumah adalah segera membersihkan wajah, dari sisa-sisa make up atau riasan kecantikan.

Namun terkadang sebagian wanita sering lupa, bahkan malas membersihkan make up di wajah. Dikutip dari duniainformasikesehatan.com, berikut beberapa hal yang timbul jika Anda malas membersihkan make up di wajah:

1. Kulit wajah menjadi kering
Malas membersihkan make up di wajah akan membuat 10 persen permukaan di kulit akan menjadi tidak bagus. Penutupan bagian pori wajah karena make up dapat menghalangi kulit untuk melakukan regenerasi.

Akibatnya, permukaan pada lapisan kulit memiliki tekstur yang buruk. Jika Anda tidur tanpa membersihkan make up yang masih menempel di wajah, akan menghambat pori-pori untuk memasok oksigen.

2. Kerutan pada kulit wajah
Permukaan kulit yang kering pada wajah akan membuat kulit menjadi kehilangan elastisitasnya, yang akhirnya berdampak pada timbulnya kerutan pada wajah.

Efek radikal bebas yang masih menempel pada permukaan wajah akibat make up, dapat merugikan kesehatan dan juga menyebabkan kerusakan pada sel, terutama pada bagian wajah.

Selain itu juga akan menyebabkan berkurangnya kolagen yang berperan untuk menentukan elastisitas pada kulit agar tetap berproduksi.

3. Pori menjadi membesar
Seseorang yang seringkali tidak membersihkan make sebelum tidur, akan memiliki pori wajah yang lebih besar, karena make up yang masih menempel dapat menyumbat pori wajah, dan menyebabkan pori wajah akan terlihat lebih besar. Dalam jangka panjang proses penuaan pada kulit wajah akan menjadi lebih cepat.

4. Menyebabkan timbulnya jerawat
Tersumbatnya pori-pori pada bagian wajah akibat make up serta partikel lainnya yang masih menempel, dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

5. Kulit menjadi kemerahan
Biasanya warna kemerahan pada kulit menunjukkan adanya iritasi pada bagian permukaan kulit. Seperti itu juga ketika anda tidak segera membersihkan make up pada wajah, terutama ketika akan tidur malam hari. Sumbatan yang terjadi pada pori kulit akan menjadikan iritasi menjadi terperangkap pada bagian pori.

6. Menghalangi pori wajah untuk bernapas
Lapisan pori-pori pada permukaan kulit wajah juga membutuhkan asupan oksigen untuk tetap memproduksi kolagen. Karena itulah jangan pernah lupa untuk membersihkan make up. ** Baca juga: Hindari Hal Ini Saat Bangun Tidur

Kulit wajah yang sehat dihasilkan dari perawatan secara berkala.(ilj/bbs)