oleh

Jangan Lupa Keringkan Tangan Usai Dicuci untuk Hindari Kontaminasi

Kabar6-Rajin mencuci tangan, terlebih saat Anda usai mengerjakan sesuatu atau memegang sebuah benda, menjadi hal yang sangat dianjurkan untuk meminimalisir penyebaran virus, kuman, maupun bakteri.

Namun tahukah Anda, mengeringkan tangan usai dicuci ternyata sama pentingnya dengan mencuci tangan? Menurut seorang dokter pengobatan keluarga bernama David Cutler, MD, melansir womantalk, hal ini menjadi penting karena tangan basah bisa dengan mudah memindahkan atau tertempel kuman. Bahkan, air yang diteteskan tangan juga bisa terinfeksi bakteri sehingga apa pun yang disentuh tangan basah dapat terkontaminasi.

Jadi, baik bakteri, kuman maupun virus lebih mungkin berpindah dari kulit basah daripada dari kulit kering. Jika Anda memiliki pilihan apakah harus menggunakan handuk kertas, handuk kain, atau pengering udara untuk mengeringkan tangan dengan benar, maka beberapa penelitian menyarankan untuk memilih handuk kertas.

Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seorang dokter dan pakar kesehatan, mengatakan bahwa handuk kertas bisa mengeringkan tangan dengan sangat baik dan segera dibuang setelahnya sehingga tidak akan terkontaminasi ke orang lain.

Sedangkan untuk pengering udara yang biasa ada di toilet umum, menurut penelitian dari Mayo Clinic, alat ini sebenarnya memiliki potensi untuk menyebarkan bakteri dengan meniup kembali patogen ke tangan Anda setelah dicuci. “Menggunakan pengering tangan di toilet umum adalah cara terburuk untuk mengeringkan tangan Anda yang sudah dicuci,” kata Dr. Cutler.

Studi lain dari Westminster University juga menemukan fakta bahwa pengering tangan dengan hembusan udara paling kuat dapat menyebarkan virus hingga satu setengah meter ke seluruh ruangan. Itulah juga, dikatakan Dr. Nesochi, mengapa mengeringkan tangan dengan handuk kertas bersih sekali pakai menjadi pilihan yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyebaran kuman dan virus.

Meski begitu, jika tidak menemukan handuk kering dan malah tidak jadi mengeringkan tangan, ini juga bukan hal yang tepat dilakukan. ** Baca juga: Sulit BAB Selain di Rumah Sendiri, Ini Penyebabnya

“Pilihan paling tidak aman adalah tidak mengeringkan tangan Anda sama sekali. Studi tentang setiap metode pengeringan memiliki kekuatan dan kelemahan, tetapi selama tangan benar-benar kering, Anda membuat pilihan yang sehat,” kata Ranekka Dean, seorang direktur pengendalian infeksi di sebuah rumah sakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru