Jangan Lewatkan Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Perkuat Usus Besar

Biji rami.(bbs)

Kabar6-Usus besar adalah salah satu dari bagian sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Merupakan kelanjutan proses pencernaan dari fungsi usus halus. Sebagian besar nutrisi makanan diserap di dalam usus halus, sisa dari makanan yang tidak diserap akan diproses lebih lanjut di dalam usus besar untuk selanjutnya dibuang melalui anus.

Di bagian usus besar, terdapat berbagai jenis bakteri yang baik bagi sistem pencernaan. Bakteri tersebut mencegah menempelnya berbagai bakteri jahat yang ikut melalui makanan. Bakteri tersebut akan mencerna berbagai sisa makanan yang sudah tidak dicerna di bagian usus halus. Selain itu, berbagai bakteri baik tersebut juga memproduksi vitamin B dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Bakteri yang berada di usus besar tersebut juga menjadi bagian dari feses, bakteri akan membuat tekstur feses menjadi lebih padat sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui anus.

Menjaga kesehatan usus besar sangatlah penting agar Anda terhindar dari masalah penyerapan nutrisi hingga masalah sembelit. Makanan apa saja yang bantu memperkuat usus besar? Dikutip dari berbagai sumber, berikut empat jenis makanan yang dimaksud:

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kol dan lainnya memiliki kandungan serat serta fitronutrein yang sangat tinggi. Keduanya berfungsi menjaga kinerja usus besar dalam proses pencernaan.

2. Alpukat
Buah ini mengandung magnesium yang cukup untuk menjaga kualitas otot-otot di usus besar Anda. Rutin mengonsumsi alpukat akan membuat Anda terhindar dari masalah susah BAB.

3. Lobak
Beberapa kandungan lobak bukan hanya mampu mengusir racun di hati saja, melainkan membantu usus besar dalam menjalankan kinerja Peristaltiknya atau tugas relaksasi dan kontrasi usus saat mencerna makanan. Jadi lobak ampuh untuk memperkuat otot di usus besar.

4. Biji rami
Biji rami memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi yang baik untuk usus besar, sehingga baik untuk mencegah sembelit. ** Baca juga: Hilangkan Beberapa Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Menumpuk di Perut

Tidak susah bukan menjaga agar usus besar tetap kuat? (ilj/bbs)