oleh

Jangan Lewatkan Kebiasaan Berjemur di Pagi Hari

Kabar6-Dengan alasan sibuk sehingga tidak ada waktu, banyak orang yang melewatkan waktu berjemur di pagi hari. Namun di sisi lain, berjemur bagi sebagian orang selalu identik dengan bayi, sehingga merasa orang dewasa tidak perlu melakukan hal itu.

Padahal berjemur di pagi hari sekira pukul 07.00-09.00 memiliki banyak manfaat, lho. Melansir Dreamers, ini lima manfaat berjemur pagi:

1. Membunuh bakteri jahat
Pada masa Perang Dunia I, Niels Finsen meneliti bahwa korban perang yang mengalami luka dapat sembuh setelah berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Dari penemuannya tersebut, Niels mendapatkan Nobel pada 1903, karena berhasil membuktikan bahwa gelombang cahaya mampu menyembuhkan penyakit.

Sinar matahari juga memiliki efek menguntungkan untuk meredakan gangguan kulit dari bakteri seperti jerawat, eksim dan infeksi jamur.

2. Turunkan kolestrol
Sinar matahari mampu mengubah kolestrol tinggi dalam darah menjadi hormon steroid yang berguna untuk kesehatan reproduksi. Bagi Anda yang jarang terpapar sinar matahari pagi justru rentan mengalami peningkatkan kolestrol.

3. Tingkatkan kandungan oksigen dalam darah
Manfaat lain adalah dapat memberikan oksigen lebih pada tubuh. Efek yang dihasilkan pun sama seperti dengan berolahraga, yakni meningkatkan stamina, kebugaran, serta menguatkan otot. Selain itu, sering berjemur di bawah matahari pagi juga mampu melancarkan peredaran darah.

4. Bangun sistem kekebalan tubuh
Sering terpapar sinar matahari dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih. Sel ini dapat memproteksi serta meningkatkan daya tahan tubuh dari virus dan bakteri berbahaya.

5. Detoks alami
Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu proses detoks alami guna menghancurkan racun berbahaya dalam tubuh.

Proses detoksifikasi ini ditunjukkan lewat keluarnya keringat saat terpapar di bawah matahari panas. ** Baca juga: Hindari Terlalu Sering Stres dengan Sejumlah Kebiasaan Sehat

Jadi luangkan waktu untuk berjemur di pagi hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru