Jangan Keliru, Ternyata Ada 7 Istilah Orientasi Seksual

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Orientasi seksual atau kecenderungan seksual adalah pola ketertarikan seksual, romantis, atau emosional (atau kombinasi dari keseluruhan) kepada orang-orang dari lawan jenis atau gender, jenis kelamin yang sama atau gender, atau untuk kedua jenis kelamin atau lebih dari satu gender. Mungkin banyak istilah dari sisi seksualitas manusia yang belum Anda ketahui. Dilansir Intisari, berikut adalah tujuh istilah orientasi seksual yang dimaksud:

1. Demiseksual
Demiseksual adalah orang yang tidak tertarik pada siapapun sampai mereka membuat hubungan emosional yang kuat dengan seseorang. Istilah demiseksual di tengah-tengah antara seksual dan aseksual.

2. Hiperseksual
Hiperseksual adalah seseorang yang memiliki kecanduan seksual. Menurut Psych Central, ini adalah keasyikan disfungsional dengan fantasi seksual. Seringkali dikombinasikan dengan pencarian obsesif seks santai atau tidak intim seperti pornografi, masturbasi, intensitas romantis dan pasangan seks objektif selama minimal enam bulan.

3. Interseksual
Orang interseksual secara biologis lahir dengan beberapa variasi karakteristik seks. Termasuk kromosom, gonad, hormon seks, atau alat kelamin yang tidak sesuai dengan definisi tipikal untuk tubuh pria atau wanita.

4. Sosioseksual
Seseorang yang memiliki orientasi sosioseksual adalah seseorang yang memiliki kemauan untuk melibatkan diri dalam aktivitas seksual di luar hubungan komitmen mereka.
Sosioseksual merasa nyaman berhubungan seks tanpa keintiman, kedekatan atau komitmen.

5. Aseksual
Aseksual adalah istilah yang cukup umum, orang aseksual adalah seseorang yang tidak mengalami ketertarikan seksual terhadap siapapun/apapun sama sekali.

6. Panseksual
Berasal dari prefiks Yunani, yang berarti ‘semua’, panseksual adalah seseorang yang secara seksual, emosional dan spiritual tertarik pada semua jenis kelamin. Panseksual hampir sama dengan bi-seksual.

Sementara bi-seksual terutama berarti tertarik pada dua jenis kelamin yang berbeda, orang panseksual tertarik pada semua jenis kelamin dan bukan hanya pria dan wanita.

7. Sapioseksual
Sapioseksual adalah seseorang yang tertarik pada kecerdasan. Intelek seseorang yang baik adalah apa yang mengubahnya dan membuat mereka merasa sangat terangsang. ** Baca juga: Heboh! Ada Hewan Berkepala Lumba-lumba & Berekor Buaya di Australia

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)