oleh

Jangan Biasakan Tidur Dekat Handphone yang Aktif

Kabar6-Tanpa disadari, banyak orang memiliki kebiasaan tidur dengan tangan masih memegang handphone, atau tidur dengan meletakkan handphone di samping tubuhnya. Padahal, kebiasaan ini tidak disarankan dari segi kesehatan.

Sebuah studi jurnal ‘Organizational Behavior and Human Decision Processes’, melansir Independent, mengungkapkan bahwa tidur di dekat smartphone yang aktif dapat memicu penyakit kanker otak. Studi itu dibenarkan oleh gabungan dokter dari California khusunya Department Public Health, Amerika Serikat (AS). Hasil penelitian menunjukkan, sinyal radiasi dari sebuah smartphone yang disebut emisi radiofrekuensi, bisa merusak otak penggunanya dalam jarak dekat.

“Emisi ini lebih mudah merusak otak anak-anak ketimbang dewasa. Efek dari emisi bahkan bisa berlangsung lama dan menganggu perkembangan otak mereka,” demikian tulis studi tersebut.

Hal itu dapat memanipulasi tubuh manusia dengan kata lain dapat membuat pengguna mengalami disorientasi waktu. Para peneliti menemukan, penggunaan smartphone di atas pukul 21.00 dapat menurunkan kuantitas tidur, bahkan menyebabkan aktivitas di tempat kerja memburuk di pagi hari. ** Baca juga: Makanan yang Bisa Picu Munculnya Jerawat

Jadi, matikan handphone saat hendak tidur, atau jauhkan dari jangkauan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru