oleh

Jangan Biarkan Tubuh Alami Dehidrasi

Kabar6-Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah sebanyak lebih dari 60 persen total berat badan.

Karena itulah Anda sebaiknya tidak membiarkan tubuh kekurangan cairan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa alasan mengapa dehirasi itu buruk bagi kesehatan tubuh:

1. Dehidrasi dapat menyebabkan bau napas dari mulut Anda. Ketika dehidrasi, produksi air liur di mulut meningkat dan hal ini memungkinkan bakteri untuk berkembang, sehingga mulut pun berbau.

2. Dehidrasi membuat Anda akan merasa cepat lelah. Saat merasa lelah, tingkat air dalam tubuh Anda berada di level terendah. Inilah sebabnya mengapa Anda mengalami dehidrasi.

3. Dehidrasi dapat mempengaruhi suasana hati. Asupan air dalam tubuh sangat berperan penting dalam meningkatkan suasana hati, karena air dapat meningkatkan semangat dan membantu Anda merasa lebih baik.

4. Dehidrasi juga dapat menjadi penyebab Anda mengalami kram otot. Ketika tubuh kekurangan air, organ tubuh secara bertahap akan mulai merasa kram.

5. Dehidrasi membuat tubuh tidak stabil. Ketika tubuh tidak memiliki air yang cukup, Anda akan segera mulai merasa sakit kepala ringan dan pusing. Kondisi ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan karena menempatkan berisiko mengalami sakit yang lebih parah. ** Baca juga: Ketahui 6 Jenis Diet yang Tidak Disarankan

Jadi cukupkan kebutuhan tubuh akan cairan agar terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru