oleh

Jangan Abaikan 5 Tanda Awal Anda Alami Depresi

Kabar6-Setiap orang bisa mengalami depresi. Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab depresi, antara lain kelelahan, tekanan batin, rasa kehilangan, trauma dan lain sebagainya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit federal Amerika Serikat, melansir idntimes, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami depresi. Karena itulah, penting mengetahui tanda-tanda depresi agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Apa saja lima tanda awal depresi yang sering diabaikan?

1. Sulit tidur
Jika Anda seringkali kesulitan tidur, padahal merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari, kondisi ini perlu diwaspadai. Ya, insomnia yang terjadi terus menerus disertai rasa cemas dan gelisah dapat menjadi salah satu tanda depresi.

Banyak orang yang kesulitan tidur setiap malam, tapi hanya menganggap hal itu sebagai insomnia biasa. Padahal, jika terus menerus dibiarkan, rasa cemas, gelisah dan susah tidur tersebut bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

2. Mudah marah
Seseorang yang mengalami depresi umumnya mudah marah bahkan untuk hal-hal yang sepele. Kemarahan bisa muncul begitu saja, apalagi jika aktivitas sehari-hari dirasa terlalu berat dan memberikan tekanan.

Mungkin bukan masalah besar jika Anda hanya sesekali meluapkan kemarahan karena pekerjaan yang melelahkan. Namun jika rasa marah itu selalu saja muncul dan meluap-luap, bahkan tanpa alasan yang jelas, Anda harus curiga mungkin saja mengalami depresi.

3. Sulit berkonsentrasi
Seseorang yang begitu sulit berkonsentrasi bisa menjadi tanda awal depresi. Penderita depresi seringkali kehilangan benda karena lupa di mana meletakkannya.

Pikiran yang tidak menentu dan tidak fokus menjadikan penderita depresi kesulitan berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan diabaikan karena mungkin mengalami gejala depresi.

4. Selalu merasa bersalah
Jika Anda terus menerus merasa bersalah karena suatu hal buruk yang pernah terjadi dalam hidup, mungkin sedang depresi. Misalnya Anda pernah mengalami putus cinta, perceraian, kehilangan seseorang yang disayangi atau lain sebagainya.

Rasa bersalah yang terus menerus menumpuk dalam hati dan membuat seseorang tertekan, jika dibiarkan begitu saja akan membuat seseorang itu mengalami depresi berat.

5. Tidak bersemangat
Seseorang yang selalu merasa sedih dan tidak bersemangat menjalani hidup bisa jadi mengalami depresi. Tidak adanya energi dan semangat dalam diri akan membuat seseorang lesu dan mudah merasa lelah. Belum lagi rasa sedih yang bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Hilangnya semangat dalam menjalani hidup tidak boleh dibiarkan begitu saja, sebab hal itu tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tapi juga bisa memberikan tekanan batin yang merugikan diri sendiri. ** Baca juga: Kalahkan Depresi dengan 7 Makanan Sehat

Jadi, peduli dengan perubahan diri sendiri membuat Anda bisa meminimalisir depresi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru