oleh

Jandi: Dewan Jangan Jadi ‘Budak’ Politik Eksekutif

Kabar6-Sebuah motivasi pedas guna mendongkrak semangat kerja anggota DPRD Kota Tangerang periode 2014-2019 kembali disuarakan Ibnu Jandi, selaku masyarakat di kota bertajuk ‘Akhlakul Karimah’.

“Dewan harus berani mengemban amanah rakyat, dewan jangan mementingkan kepentingan pribadi dan parpol, dewan harus mengedepankan mandat rakyat,” ujar Jandi yang juga adalah Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) ini, saat berbincang santai bersama Kabar6.com, Rabu (10/8/2014).

Bahkan, Dosen Ilmu Fisip Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) ini juga berharap, agar para wakil rakyat itu tidak terjelembab menjadi ‘budak’ politik pihak exsekutiv, yang dapat melemahkan fungsi-fungsi legislatif, seperti pengawasan, budgeting serta controlling.

“Jangan mau di takar oleh pihak eksekutif. Dewan itu bukan personal tapi institusional, keputusannya harus rasional,” tukas Jandi.

Sebab, kata Jandi, jika fungsi-fungsi para legislator sudah melemah, maka otomatis pihak eksekutif akan berbuat semaunya serta menghambat percepatan pembangunan daerah.

Pandangan segar itu dirasa penting, mengingat banyak kelemahan yang ditemukan dalam kinerja dewan di periode sebelumnya. **Baca juga: Penetapan Pimpinan Defitif DPRD Kota Tangerang Molor.

Untuk itu, tambah dia, dalam rangka meningkatkan kinerja mereka kedepan, seyogyanya masukan seperti ini dapat menjadi perhatian, khususnya bagi para legislator yang baru duduk di kursi parlemen Kota Tangerang.(ges/rani)

Berita Terbaru