oleh

Jam Rolex yang Dulu Dibeli Murah Oleh Pria AS Ini, Kini Dihargai Rp5,6 Miliar

Kabar6-Seorang pria yang disebut bernama David tidak pernah menyangka kalau jam Rolex yang dibeli pada pertengahan 70-an dengan harga Rp4,8 juta, ternyata kini dihargai hingga Rp5,6 miliar.

Dalam episode acara lelang, David yang berasal dari Fargo Barat, Dakota Utara, Amerika Serikat, membawa arloji yang oleh Antiques Roadshow dijuluki sebagai ‘Penemuan terbesar musim ini’.

David, melansir Yahoo, membeli arloji Rolex Oyster Cosmograph 1971 di Thailand, ketika dia ditempatkan pada Angkatan Udara dari 1973 hingga 1975. Ia teringat tertarik dengan Rolex setelah melihat seorang pilot memakainya, dan semakin termotivasi untuk membeli arloji itu setelah mendengar jam itu bagus untuk digunakan saat menyelam atau scuba diving.

Setibanya di rumah, Davis menyimpan arloji itu dalam brankas selama 30-40 tahun. Ia hanya beberapa kali mengeluarkannya sebentar untuk diperiksa. “Jumlah itu (US$345) banyak uang untuk diri saya sendiri,” kata David. Harga arloji itu bernilai sekira sebulan gajinya.

David juga menyimpan dokumen asli yang disertakan dan dibawa ke penilai arloji Peter Planes, yang mengatakan bahwa kertas-kertas itu, yang dibiarkan kosong, mungkin bernilai sekira Rp28 juta sebagai tambahan.

Planes mencatat popularitas arloji itu sebagian karena Paul Newman mengenakan yang serupa di film ‘Winning’, yang saat ini menghasilkan nilai sekira US$150 ribu hingga US$200 ribu. ** Baca juga: Ketimbang Beri Tunjangan ke Mantan Istri, Pengusaha Kanada Ini Pilih Bakar Uang Rp10 Miliar

“Jam tanganmu lebih istimewa,” kata panitia lelang menjelaskan. “Dikatakan ‘Oyster’ di atasnya. Mereka melakukan itu untuk periode yang sangat singkat… Model khusus ini… sangat, sangat langka. Sebuah arloji seperti ini di lelang bernilai sekira US$400 ribu.”

Ini yang disebut rezeki nomplok.(ilj/bbs)

Berita Terbaru