oleh

Jaga Pola Makan Saat Lebaran Agar Tubuh Tetap Sehat

Kabar6-Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini akan sangat spesial, karena hanya dirayakan oleh keluarga inti saja di rumah.

Ya, silaturahmi dengan keluarga besar atau kerabat, tetangga, serta teman-teman, memang tidak disarankan untuk mencegah penularan COVID-19. Namun, silaturahmi bisa digantikan dengan cara online.

Meskipun begitu, Lebaran tetap selalu identik dengan aneka hidangan istimewa. Dan setelah satu bulan berpuasa, biasanya kita ingin menuntaskan kerinduan dengan makan lebih banyak.

Hal yang harus diingat, melansir TabloidBintang, makan berlebihan apalagi yang manis-manis dan bersantan, menyebabkan timbunan lemak pada tubuh. Tidak hanya makanan bersantai seperti opor, goreng-gorengan, aneka kue dan minuman manis jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat berat badan melonjak naik.

Diketahui, kue kering mengandung kalori dan gula tinggi. Termasuk minuman bersoda atau manis seperti sirop. Jadi saat Anda makan berlebihan, maka akan disimpan dalam bentuk lemak, dan lalu meningkatkan kadar kolesterol.

Dan salah satu penyakit yang biasa muncul setelah Lebaran adalah hipertensi. Hal ini terjadi karena Anda selalu mengonsumsi hidangan Lebaran yang banyak mengandung garam. ** Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Sakit Kepala Menyerang Anda?

Yuk, jaga pola makan dengan tidak berlebihan menyantap hidangan Lebaran agar tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru