oleh

Jaga Kesehatan Perut dengan Cara Tepat

Kabar6-Mengalami kembung, sembelit atau kram, merupakan salah satu dari masalah kesehatan perut yang sering dialami hampir setiap orang. Kondisi seperti itu tentu saja membuat tubuh tidak nyaman, sehingga aktivitas harian menjadi terganggu.

Karena itulah Anda harus menjaga kesehatan perut dengan cara yang tepat. Melansir Netdoctor, berikut urainnya:

1. Makanan pahit
Enzim pencernaan sangat penting untuk pemecahan dan penyerapan makanan. Makanan pahit dan asam secara alami merangsang cairan pencernaan. Awali makanan dengan sayuran yang memiliki rasa pahit seperti kale, kangkung, bayam dengan perasan jus lemon.

2. Makanan pedas
Jahe adalah obat tradisional terbaik untuk gangguan pencernaan. Jahe dapat meredakan sakit perut, membantu meredakan kram pencernaan, mual dan kembung.

Biji adas juga dapat membantu pencernaan dan telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Tiongkok dan India. Biji adas dapat membantu mengendurkan otot polos di saluran pencernaan dan membantu mengatasi kram dan kembung.

3. Bergerak
Jika Anda lamban, pencernaan pun akan bergerak lambat. Olahraga teratur membantu motilitas (kemampuan suatu organisme untuk bergerak) usus dengan merangsang kontraksi alami otot-otot usus, membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan yang lebih berirama.

4. Tetap terhidrasi
Air sangat penting untuk menjaga segalanya mengalir melalui sistem pencernaan. Jika Anda tidak mendapatkan air yang cukup, tubuh menambah tingkat hidrasi dengan menarik air dari tinja, membuatnya sulit untuk dikeluarkan sehingga terjadilah sembelit.

Air juga diperlukan untuk menghasilkan cairan pencernaan untuk memecah makanan. Tanpa cairan ini, berbagai masalah pencernaan dapat terjadi mulai dari gas di perut, kembung hingga mual. ** Baca juga: Minum Susu Cokelat Bantu Hindari Tubuh Lesu & Kurang Bertenaga

Jadi jaga kesehatan perut agar tetap fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru