oleh

Jaga Kesehatan Mental dengan 5 Kebiasaan Sederhana dalam Keluarga

Kabar6-Selama ini masyarakat masih terlalu fokus untuk mencari tahu bagaimana agar tubuh tetap bugar dan prima. Padahal selain fisik, Anda pun harus menjaga kesehatan mental.

Mengapa demikian? Kesehatan mental juga memainkan peran penting agar seseorang dapat mengelola perasaan dan menghadapi berbagai kondisi dalam hidupnya. Bagaimana caranya? Melansir theasianparent, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Apa sajakah itu?

1. Biasakan sarapan
Saat tidak sarapan, gula darah akan turun dan organ-organ tubuh Anda akan terganggu karena asupan gula untuk memasok nutrisi ke otak tidak tercukupi, sehingga perlahan-lahan akan mengalami degenerasi.

Kondisi ini yang menyebabkan menurunnya kinerja intelektual sepanjang hari. Percaya atau tidak, asupan gula darah yang kurang ini bahkan dapat menyebabkan gejala kecemasan dan depresi.

2. Pastikan kecukupan tidur terpenuhi
Tubuh tidak dapat beregenerasi tanpa jumlah tidur yang cukup. Banyak orang yang tidur larut malam atau tidak bisa tidur dengan baik karena stres. Ketika ini menjadi kebiasaan, proses kognitif Anda sangat terpengaruh.

Kurang tidur dapat menyebabkan stres, depresi, kemurungan dan dalam jangka panjang dapat mengalami stroke. Perlu diingat bahwa Anda harus tidur setidaknya sehari 8 jam rata-rata untuk menjaga kesehatan mental.

3. Rutin olahraga
Hormon endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati akan keluar saat Anda berolahraga. Karena itulah olahraga bisa menjadi cara menjaga kesehatan mental.

Olahraga juga bisa mencari cara yang ampuh untuk menangkal stres, kecemasan dan depresi. Untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan lakukan di luar ruangan. Sinar matahiri juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang juga dapat meningkatkan serotonin di otak.

4. Tumbuhkan self image (citra diri) yang positif
Menurut sebuah penelitian, cara kita berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Saat kita memandang negatif pada diri sendiri, maka efek negatifnya pun akan kita rasakan.

Karena itulah, sangat penting untuk membiasakan diri menggunakan kata-kata yang baik dan lebih positif untuk menghindari masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan dan depresi. Memiliki pandangan postitif terhadap diri sendiri tentu saja membutuhkan proses, dan perlu dilakukan sejak dini.

5. Menuliskan hal-hal yang perlu disyukuri
Menuliskan banyak hal yang bisa kita syukuri menjadi salah satu treatment agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Bersyukur juga mempengaruhi perasaan bahagia.

Cara sederhana untuk memingkatkan rasa syukur ini adalah menuliskannya setiap hari. Dengan berterima kasih, setidaknya beban dalam hidup yang sedang dirasakan bisa sedikit berkurang. ** Baca juga: Apakah Tidur Bersama Kucing Pengaruhi Kesehatan Anda?

Mudah, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru