oleh

Jaga Kesehatan Mata Itu Mudah, Begini Caranya

Kabar6-Mata ialah indera yang berfungsi untuk melihat lingkungan sekitar dalam bentuk gambar, sehingga bisa mengenali benda-benda yang ada dengan cepat. Mata menerima sebuah rangsang berupa cahaya (fotooreseptor). Mata tersusun dari alat tambahan mata, bola mata, otot bola mata, dan saraf optik II.

Sebagai salah satu dari lima indera kita, mata tentu mempunyai fungsi yang vital bagi kehidupan seseorang. Karena itulah, Anda pun harus menjaga kesehatan mata. Bagaimana caranya? Melansir beberapa sumber, berikut uraiannya:

1. Biasakan berkedip
Mengucek hanya akan menambah kotoran atau benda asing masuk ke mata. Bahkan, gesekan yang terjadi bisa membuat mata iritasi atau terluka. Jika merasa ada benda asing yang masuk ke mata, Anda hanya perlu mengedipkan mata berkali-kali untuk menyapu kotoran keluar.

2. Hindari tangan kotor
Apabila Anda tidak tahan terhadap rasa gatal dan ingin menggosok mata untuk sesaat, pastikan tangan bersih. Kebiasaan menggosok mata dengan tangan kotor bisa mengakitbatkan bintitan.

Pasalnya, terjadi peradangan pada akar bulu mata sehingga muncul benjolan merah di sepanjang tepi kelopak mata. Biasanya, bintitan berlangsung sampai seminggu dan mengempis dengan sendirinya.

3. Obat tetes secukupnya
Kandungan obat tetes mata mirip seperti air mata sehingga tepat digunakan ketika mata kering. Namun, sangat tidak disarankan untuk terlalu sering digunakan karena mengandung steroid.

4. Istirahatkan mata
Mata yang bekerja terus-menerus bisa mengalami kelelahan. Untuk mengatasinya, berhenti sejenak sekira 5-10 menit setiap dua jam menatap layar komputer atau ponsel, membaca, serta menonton.

5. Bijak memakai lensa kontak
Idealnya, lensa kontak digunakan 6-8 jam sehari agar tidak menimbulkan iritasi pada mata. Penggunaan lensa kontak saat tidur juga sebaiknya dihindari karena bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan meningkatkan risiko pengembangan infeksi kornea.

6. Pilih kacamata yang tepat
Kacamata hitam semakin banyak modelnya. Harganya pun bervariasi. Namun jika Anda menggunakan kacamata hitam untuk melawan terik matahari, pilih yang berlabel UV 400. ** Baca juga: Ini Lho 5 Tanda Utama Orang Sehat

Jaga kesehatan mata agar Anda tetap bisa menikmati indahnya ciptaan Tuhan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru