oleh

Jaga Kekebalan Tubuh dengan 6 Jenis Makanan Sehat

Kabar6-Sejak dulu, Vitamin C dikenal memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, termasuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit.

Vitamin C diketahui aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan. Baik dari asupan makanan dan juga terdapat pada suplemen, sebagai asupan nutrisi pelengkap yang bermanfaat.

Sumber vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran segar, atau jika perlu dari suplemen. Vitamin C diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh.

Vitamin C juga memainkan peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Nah, melansir beberapa sumber, berikut enam jenis makanan sehat yang bantu jaga kekebalan tubuh:

1. Lemon
Lemon memiliki kandungan bio-flavonoid yang tinggi. Senyawa tersebut dapat membunuh radikal bebas yang menyebabkan kanker. Lemon juga mengandung vitamin C yang bisa membantu melindungi tubuh dari virus influenza dan infeksi lainnya.

2. Apel
Apel kaya akan serat yang membantu mengurangi inflamasi, satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Hal lain, mengonsumsi apel membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan berat badan.

3. Sup ayam
Sup ayam membantu meredakan gejala flu, kemungkinan karena kaldu hangatnya menipiskan lendir di hidung sehingga dapat membersihkan dengan lebih mudah.

Secara umum, suup membantu hidrasi tubuh. Karena itulah, sup ayam sangat baik dikonsumsi ketika sakit. Campurkan makanan padat nutrisi seperti wortel dan rempah-rempah segar dalam rebusan sup Anda.

4. Bawang putih
Aroma bawang putih memberikan banyak manfaat kesehatan. Aroma tajamnya berasal dari senyawa belerang, termasuk allicin. Para ilmuwan yakin bahwa allicin bisa memblokir enzim yang terlibat dalam infeksi. Sebuah penelitian juga menemuka kaitan antara asupan bawang putih dengan rendahnya risiko kanker perut, usus besar dan esofagus.

5. Jahe
Jahe, yang sering direkomendasikan untuk mengatasi rasa mual, kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Ia juga mengandung senyawa pendukung sistem imun, yaitu beta-karoten dan capsaicin.

Sebuah review terbaru dari 60 studi menemukan fakta bahwa jahe memiliki efek menguntungkan pada beberapa penyakit, seperti obesitas, sakit jantung, dan diabetes.

6. Teh kamomil
Bunga kamomil kering telah digunakan selama ratusan tahun. Beberapa studi mengatakan, tehnya dapat menyembuhkan sakit perut. Bunga kamomil mengandung senyawa flavonoid yang membantu mengurangi inflamasi dan rasa sakit. ** Baca juga: Menurut Penelitian, Bekerja Terlalu Keras pun Tidak Baik untuk Kesehatan

Jenis makanan yang mudah didapat, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru