oleh

Jaga Keamanan Selama Lebaran, Lanal Banten Patroli Selat Sunda

Kabar6-Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Badak dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten, menjaga perairan Selat Sunda sejak H-7 hingga H+7 arus mudik.

“Tujuannya kita memonitor situasi dan keamanan. Kita terkoodinasi dengan stakeholder kemaritiman,” kata Lettu laut (KH) Danius A Sowong, Pejabat Sementara (PJs) Perwira Staff Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banten, ditemui usai patroli di Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Badak, Minggu (02/06/2019).

Selat Sunda masuk kedalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1. Ribuan kapal melewati jalur penyebrangan Merak-Bakauheni itu, termasuk kapal luar negeri.

Begitupun objek vital nasional yang berada di pesisir Banten pun ikut diperketat penjagaannya, sebut saja PLTU Suralaya, Krakatau Bandar Samudra (KBS), hingga kantor Pertamina Gerem.

**Baca juga: Penemuan 2 Jasad Pria di Kavling Deplu Adam Malik, Humas Polres Metro: Masih Tahap Pengembangan.

“Untuk jamnya kita random, bahkan malam pun kita patroli. Kaya tadi (patroli) dan wilayah perairan dekat objekvitnas. Di ASDP (Pelabuhan Merak) kita siagakan Patkamla Badak,” terangnya.

Hingga kini, keamanan lait di Selat Sunda yang menjadi lalu lintas utama menuju Samudera Hindia dan Australia itu dalam kondisi aman.

“Sampai saat ini, Alhamdulillah aman dan kita harapkan wilayah Merak sini tidak ada hal yang menonjol,” jelasnya. (Dhi)

Berita Terbaru