oleh

Jadi yang Terbanyak di Dunia, Wanita Ini Koleksi Ribuan Cangkir Kopi

Kabar6-Kopi memang menjadi minuman favorit banyak orang di dunia. Karena kopi juga, seorang guru seni bernama Mesude Isikli menjadi kolektor cangkir kopi. Tidak tanggung-tanggung, wanita asal Provinsi Osmaniye, Turki, ini memiliki lebih dari 3.000 cangkir kopi.

Diketahui, kopi hitam khas Turki dikenal dengan nama Turk kahvesi. Budaya minum kopi di Turki telah menanamkan rasa serta makna ke dalam pengalaman sosial. Hal inilah yang membuat Iskili sangat tersentuh, sehingga memutuskan untuk mulai mengoleksi cangkir-cangkir kopi.

Awalnya ketika seorang temannya memberikannya cangkir kopi Turki antik sebagai hadiah. Cangkir kopi tersebut, melansir CNN, terbuat dari porselen dihiasi dengan desain khas Turki yang memukau. Dari situ, Isikli memiliki misi untuk mengumpulkan cangkir kopi hingga dinobatkan sebagai pengumpul cangkir kopi terbanyak di dunia.

“Saya dan keluarga saya benar-benar menyukai kopi. Kecintaan saya pada kopi telah menciptakan rasa ingin tahu lebih dalam mengenai cangkir-cangkir kopi,” katanya.

Iskili sudah lebih dari 12 tahun mengumpulkan ribuan cangkir kopi. Kebanyakan cangkir kopi tersebut merupakan barang antik dari negaranya sendiri. ** Baca juga: Teknik ‘Edit Gen’ Pertama di Dunia Hasilkan Kadal Albino

“Sebagian besar dari mereka adalah barang antik, ada yang umurnya 120 tahun dan 80 tahun. Mereka semua memiliki kenangan yang indah karena mereka adalah cangkir kopi yang hidup dan terus digunakan,” urai Isikli.

“Kami memiliki pepatah, yakni satu cangkir kopi bernilai persahabatan selama 40 tahun,” katanya lagi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru