oleh

Jadi Perdebatan, Badan Antariksa Tiongkok Temukan Kehidupan Alien

image_pdfimage_print

Kabar6-Melalui akun X (Twitter) miliknya, Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) mengklaim telah menemukan kehidupan cerdas di luar angkasa, yang lantas menimbulkan perdebatan tentang maksud kehidupan cerdas di luar angkasa tersebut.

“Kami mengumumkan konfirmasi adanya kehidupan cerdas,” demikian tulisan CNSA di akun X.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang temuannya itu sehingga banyak yang menyimpulkan kalau yang dimaksud adalah kehidupan alien di luar angkasa. Tiongkok, melansir Techeblog, adalah salah satu negara yang kini gencar mengeksplorasi luar angkasa setelah Amerika Serikat dan Rusia. Saat ini, pesawat luar angkasa Tiongkok Tianwen-1 telah mengorbit di planet Mars.

Pengorbit dan penjelajah Tianwen-1 kemudian akan mengeksplorasi karakteristik geologi dan tanah permukaan Mars, termasuk mencari kemungkinan keberadaan air dan es.

Untuk mengeksplorasi luar angkasa, Tiongkok juga menggunakan teleskop Five hundred meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST) untuk mencari kehidupan cerdas di luar Bumi.

Sejauh ini, Teleskop FAST telah menemukan sejumlah objek luar angkasa yang menarik. FAST membuat penemuan pertamanya, dari dua pulsar baru (PSR J1859-01 dan PSR J1931-02), pada Agustus 2017 lalu.

Banyak kemajuan yang dilakukan FAST dalam mengeksplorasi kehdiupan cerdas di luar angkasa, hingga September 2018, FAST telah menemukan 44 pulsar baru.

Teleskop FAST sendiri terbuat dari 4.450 panel segitiga berbentuk kubah geodesik dengan 2.225 derek sehingga menjadikannya teleskop yang aktif.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email