oleh

Jadi Lelucon Netizen, Foto Presiden Kazakhstan ‘Diedit’ Agar Terlihat Awet Muda

Kabar6-Harus diakui, banyak orang terutama kaum hawa yang sering mengedit foto mereka agar wajah terlihat lebih cantik atau tampak muda. Rupanya hal itu tidak hanya dilakukan rakyat biasa, karena negara Kazakhstan pun melakukan photoshop untuk foto resmi presiden baru mereka.

Edit foto yang dilakukan, melansir borepanda, bukan hanya soal pencahayaan semata, namun juga menghilangkan kerutan agar tampak awet muda. Situs Radio Free Europe/Radio Liberty yang mengungkap photoshop tadi, membandingkan foto resmi yang dirilis pemerintahan dengan gambar lain yang diambil di waktu dan tempat yang sama oleh jurnalis biasa.

Nama Presiden Kazakhstan yang diedit fotonya tersebut adalah Kassym-Jomart Tokayev. Ia menggantikan presiden sebelumnya, Nursultan Nazarbaev, yang mengundurkan diri dari jabatan berkuasa selama 29 tahun. Mantan diplomat berusia 65 tahun itu terpilih menjadi Presiden Kazakhstan pada 20 Maret 2019 lalu.

Seorang ahli Photoshop mengatakan kepada RFE/RL, hampir 100 persen wajah sang presiden diedit. “Salah satu retoucher terkemuka dunia, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan ia percaya bahwa gambar telah diubah terutama menggunakan efek buram untuk meratakan permukaan kulit wajah,” demikian tulis artikel tadi.

Rupanya, foto-foto yang diedit tidak hanya satu. Wajah Kassym-Jomart Tokayev terlihat perbedaannya ketika ia bertemu Presiden Vladimir Putin di Moscow pada April lalu, kemudian dengan Presiden Moon Jae-in dari Korea Selatan, juga Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban. Seluruh wajahnya terlihat tanpa keriput dan nampak awet muda.

Hal ini membuat banyak netizen memberikan komentar mereka. Beberapa bahkan menjadikannya lelucon. “Dia kan kaya. Lebih baik dia melakukan operasi plastik saja,” tulis salah satu netizen.

“Bahkan rambutnya ikut jadi buram,” tulis netizen yang lain. Komentar lainnya menganggap editor foto Kazakhstan punya tugas berat dan harus diapresiasi. “Editor telah melakukan pekerjaan yang hebat,” komentar netizen lain.

Mungkin Kazakhstan ingin Presiden mereka selalu muda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru