oleh

Iti Minta Dispora-KONI Perbanyak Kompetisi Olahraga

Kabar6-Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memperbanyak kompetisi olahraga.

“Kompetisi-kompetisi olahraga di tiap kecamatan ini akan memberikan peluang memunculkan kader-kader patriot olahraga yang bisa terus kita bina menjadi atlet unggulan,” kata Iti saat penyerahan penghargaan kepada atlet dan pelatih Popda X dan Peparperda VII, di pendopo bupati, Selasa (11/10/2022).

Iti mengatakan, dengan memperbanyak kompetisi juga menjadi sarana dan ruang bagi para atlet untuk terus tertantang mengasah kemampuan yang sudah dimiliki.

“Jadi mereka punya ruang untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur kekuatan lawan, sehingga ini jadi bekal mereka nanti menghadapi pertandingan-pertandingan di tingkat yang lebih tinggi,” ucap Iti.

Kepala Dispora Lebak, Asep Komar Hidayat, mengatakan, selain berlatih kompetisi menjadi salah satu upaya dalam pembinaan terhadap atlet.

“Sementara di kita memang masih jarang kompetisi yang digelar non dinas, ke depan ini harus proporsional lah. Selain masyarakat, (kompetisi) juga dilaksanakan oleh klub dan persatuan termasuk di kami juga akan diperbanyak,” kata Asep.

Sepinya kompetisi dalam dua tahun terakhir, sambung Asep, akibat kondisi pandemi COVID-19 sehingga tidak memungkinkan digelarnya kompetisi.

“Bupati sangat support kompetisi ini agar prestasi mereka (atlet) menjadi lebih terukur. Untuk cabang olahraga, kita masih pencak silat yang kemarin juara di Popda lalu atletik dan beberapa cabang lain,” papar Asep.

**Baca juga: Gempa di Lebak Dua Warga Tertimbun Tanah dan Jembatan Putus

Asep menyampaikan, Lebak menjadi juara umum di ajang Peparperda VII dengan meraih 12 emas, 9 perak dan 5 perunggu. Sementara di Popda X, Lebak harus puas di peringkat ke 6 dengan 16 medali emas, 19 perak dan 34 perunggu.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati para pelatih, orangtua dan penyelenggara. Kami juga minta maaf kepada masyarakat karena belum bisa maksimal memberikan yang terbaik,” katanya.(Nda)

Print Friendly, PDF & Email