oleh

Irisan Lemon yang Disajikan Banyak Restoran Mengandung Virus & Bakteri?

Kabar6-Penambahan irisan lemon akan minuman terasa lebih menyegarkan. Namun satu hal yang mungkin belum Anda ketahui, irisan lemon ternyata menyimpan risiko kesehatan yang selama ini belum disadari.

Sebuah penelitian pada 2007, dikutip dari Bintang mengungkapkan, irisan lemon yang disajikan pada banyak restoran mengandung virus dan bakteri, sebanyak hampir 70 persen dari sampel irisan lemon yang dikumpulkan. Irisan ini mengandung mikroba yang terus berkembang biak di kulit, daging buah, atau keduanya. Semua mikroba yang ditemukan sangat mungkin menyebabkan beberapa jenis penyakit.

Pnelitian yang dilakukan Clemson University melakukan pengembangan penelitian dan menemukan fakta asal mikroba bisa terdapat pada irisan lemon, yaitu tangan yang terkontaminasi, papan talenan, atau perlengkapan memasak lainnya.

Selanjutnya, mikroba semakin berkembang dengan sangat cepat dan maksimal, bahkan hingga 100 persen pada satu waktu, karena irisan lemon biasanya diletakkan dalam wadah atau kondisi basah. Pada lemon kering, penyebaran mikroba tercatat hanya 30 persen pada satu waktu.

Bagaimana solusinya? Ada baiknya tidak lagi memesan minuman yang dilengkapi irisan lemon di restoran atau tempat makan umum. Sekalipun Anda percaya kepada ‘kehigienisan’ restoran dan para pekerjanya, selalu ada kemungkinan irisan lemon yang digunakan untuk menghias atau bahkan dimasukkan ke dalam minuman, terkontaminasi mikroba berbahaya. ** Baca juga: Jangan Keliru, Ini Cara Tepat Membuat Teh Panas yang Sehat

Terlebih jika lemon tidak disimpan dalam pendingin sebelum disajikan. Bakteri E.coli paling kecil pun bisa menjadi berganda dengan sangat banyak dalam waktu singkat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru